Perbedaan Antara LED dan LCD

Sobat gaptex, jika Anda ingin mencari tahu perbedaan antara LED dan LCD, maka Anda berada di tempat yang tepat sebab kali ini kita akan membahas persoalan ini secara komperhensif. Mengetahui perbedaan antara LED dan LCD cukup penting agar Anda dapat menentukan yang mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda akan televisi atau monitor PC.

Apa itu LED TV?
LED adalah tipe terbaru dari televisi yang laris manis dan diminati oleh banyak orang. Sebetulnya tidak ada perbedaan yang terlalu mencolok antara LED dan LCD jika tidak dicermati secara mendalam. Kedua teknologi memiliki kemiripan dalam menyuguhkan gambar meski terdapat sedikit perubahan dalam masalah ‘backlit’. LCD TV menggunakan sinar fluoresence sementara LED menggunakan lampu LED yang berukuran lebih kecil dan lebih hemat energi.

perbedaan lcd dan led

Beberapa kelebihan dari LED adalah tampilan gambar yang lebih terang dan tajam. LED memiliki pancaran warna hitam yang lebih pekat dibandikan dengan LCD dan lebih baik jika digunakan untuk menonton film. Meski lebih terang, LED mengkonsumsi listrik yang lebih hemat daripada LCD. Sebagai teknologi yang lebih baru, tentu saja LED lebih unggul dibandingkan LCD.

LCD vs LED
LCD merupakan singkatan dari Liquid-crystal display yang sudah digunakan sejak tahun 1970an. Pertama kali digunakan untuk jam digital. Sementara itu, LED merupakan singkatan dari Light-emitting diode yang mulai tersedia dalam layar monitor atau televisi sejak tahun 2004. Dari keberadaannya yang sudah cukup lama, LCD termasuk teknologi yang kuno jika dibandingkan dengan LED.

Artikel berhubungan:  Apa Itu Zero-Day Exploit?

LCD vs. LED vs. plasma: Pilih yang mana?
Kembali ke Plasma TV yang pernah cukup fenomenal dengan tampilan gambarnya yang disinyalir lebih baik daripada LCD meski lebih tebal dan mahal. Plasma adalah pilihan yang menarik ketika LED belum dihadirkan dan teknologi LCD masih tak terlalu berkembang. Namum belakangan, para penikmat plasma TV mulai beralih ke LED yang memberikan gambar yang tak kalah memuaskan dengan konsumsi power yang lebih hemat dengan bentuk yang lebih tipis dan ringan.

Merujuk pada pertanyaan diatas, jawabannya sangat tergantung akan kebutuhan Anda terhadap kualitas gambar. LED dan Plasma TV adalah yang terbaik dalam hal menampilkan gambar. LED dapat menjadi pilihan jika Anda memiliki budget yang banyak. Tetapi jika ingin berhemat, LCD tetaplah pilihan yang tak kalah bagus.

Jadi, Anda piliha mana?