Perbedaan Antara Blog dan Website

Ada kebingungan yang muncul diantara pada pengguna internet mengenai blog dan website. Banyak orang yang tidak mengetahui perbedaan antara blog dan website. Meski sepintas kedua hal tersebut terlihat sama, sesungguhnya terdapat perbedaan yang sangat prinsipal antara blog dan website. Blog yang kerap juga disebut sebagai weblog adalah bagian dan salah satu bentuk jagat-raya website.

Perbedaan Antara Blog dan Website

Sementara itu, website adalah sebutan untuk semua nama domain berbentuk url http://www. Yang dapat diakses melalui internet. Dengan demikian, semua blog adalah website tetapi tak semua website adalah blog.

Secara spesifik, blog dapat dikenali dengan ciri-ciri sebagai berikut :
1. Menggunakan blog-engine, mulai dari wordpress hingga script yang dibuat sendiri.
2. Berisi konten yang diurutkan berdasarkan waktu dimana artikel terbaru secara default akan berada di halaman paling depan.
3. Terdapat fitur komentar yang memungkinkan terjadinya percakapan antara pemilik blog dengan pembacanya.
4. Lebih personal karena blog biasanya dibuat oleh individu meski pada perkembangannya juga dimanfaatkan oleh banyak korporasi.
5. Tampilan khas blog dengan 2 atau 3 kolom yang dapat dikostumisasi oleh pemiliknya.

Di sisi lain, istilah website lebih banyak digunakan untuk portal komersial besar yang dikenal luas masyarakat seperti Google, Yahoo!, Bing, Facebook dan lain sebagainya. Website juga merupakan istilah yang dipakai untuk menyebut sebuah domain yang digunakan untuk kebutuhan bisnis seperti profil perusahaan, toko online dan lain sebagainya.

Artikel berhubungan:  UPS : Fungsi & Pengertiannya

Dari segi kemudahan pemakaian, effisiensi pekerjaan dan optimalisasi, website jenis blog merupakan rekomendasi utama jika Anda ingin menggunakannya sebagai media promosi affiliasi. Anda tidak perlu memusingkan urusan engine, template, desain dan tetek-bengek lainnya sebab faktanya blog dapat Anda buat dalam waktu kurang dari 1 menit saja.

Diantara semua blog engine yang tersedia, WordPress merupakan pilihan tepat karena sangat populer diantara pengguna internet, ringan, gratis dan paling mudah dioptimalisasi dengan ribuan themes dan plugins yang disediakan oleh berbagai pihak. Sifatnya yang open-source juga akan sangat memudahkan jika suatu saat kita ingin melakukan kostumisasi di dalamnya.

Semoga bermanfaat!