Seputar Tekno

Perbedaan Android Marshmallow Vs Android Nougat

Setelah sukses dengan Android 6.0 Marshmallow, Google kembali memperbarui sistem operasi Android dengan meluncurkan Android 7.0 Nougat. Sistem operasi yang dikenal dengan singkatan Android N ini telah dirilis preview-nya. Biasanya, versi preview ditujukan untuk para developer. Namun kini, versi preview dapat pula dinikmati para user. Kabarnya dengan cara seperti ini, Android N berkesempatan memperoleh lebih banyak masukan untuk disempurnakan.

Perbedaan Android Marshmallow Vs Android Nougat

Seperti yang diketahui, setiap rilis sistem operasi baru pasti disertai dengan beberapa peningkatan atau penambahan. Jika sebelumnya, Android Marshmallow diluncurkan pada Oktober 2015, maka Android N direncanakan rilis resmi pada kuartal ketiga tahun 2016 setelah mengalami lima kali versi preview.

Berikut ini adalah beberapa perbedaan Android Marshmallow dan Android Nougat :

1. Multi Window
Android N menawarkan Anda fitur multi-window atau opsi dua layar terpisah, baik pada smartphone maupun PC tablet. Sebenarnya, fitur ini adalah bawaan dari Android Marshmallow yang disempurnakan. Dengan fitur ini, Anda bisa menjalankan dua aplikasi yang berbeda secara bersamaan, pada tampilan layar yang sama. Misalnya, pada layar di sebelah kiri digunakan untuk membuka aplikasi chatting dan pada layar di sebelah kanan digunakan untuk membuka aplikasi browser internet. Anda pun bisa membuka aplikasi video sambil membuka aplikasi lainnya. Fitur multi-window dapat digunakan dalam kondisi layar portrait ataupun landscape.

2. Doze Mode
Sama dengan fitur multi-window, doze mode sebelumnya telah dimiliki Android Marshmallow yang keberadaannya di Android N mengalami penyempurnaan. Doze mode sendiri adalah fitur penghemat daya baterai saat perangkat dalam kondisi nonaktif atau padam. Dengan fitur ini, konsumsi daya menjadi lebih hemat saat perangkat dalam kondisi sleep mode. Durabilitas baterai pun jadi lebih tahan lama. Jika fitur ini diaktifkan, akses internet akan terputus secara otomatis. Doze mode menjadi nonaktif saat perangkat dilakukan proses charging.

3. Direct Reply
Saat ada pesan masuk, baik pada aplikasi SMS maupun chatting, Anda dapat langsung membalas pesan tersebut tanpa harus masuk ke dalam aplikasi. Secara otomatis, akan muncul kolom di bawah notifikasi pesan masuk yang dapat Anda gunakan untuk mengetik balasan pesan di sana. Fitur direct reply ini menunjukkan bahwa Android N menjadikan penggunaan perangkat semakin atraktif dan dinamis. Fitur ini tidak tersedia di Android Marshmallow, pada versi tersebut hanya ditampilkan notifikasi pesan masuk namun tidak bisa membalas secara langsung.

Artikel menarik:  Pengertian Bahasa Pemrograman

4. Bundled Notification
Android N menghadirkan fitur bundled notification yang artinya Anda dapat menerima beberapa notifikasi dari satu aplikasi. Notifikasi tersebut kemudian terkumpul jadi satu bundel. Sebagai contoh, Anda menerima 20 pesan dari 4 orang yang berbeda di aplikasi chatting, akan tetapi notifikasi yang ditampilkan hanya satu. Atau contoh lainnya, pada aplikasi jejaring sosial. Meskipun notifikasi tampil dalam bentuk bundel, Anda bisa mengetahuinya satu per satu dengan melakukan tap pada bundel yang ingin Anda ketahui detil notifikasinya.

Sekilas mungkin Anda merasa bahwa fitur ini dimiliki kebanyakan Android. Namun pada versi tersebut, jika dilakukan tap akan diarahkan menuju aplikasi. Sedangkan pada Android N, tap yang dilakukan akan memperpanjang isi bundel tanpa harus masuk ke dalam aplikasi. Fitur direct reply ini menunjukkan bahwa Android N menjadikan penggunaan perangkat semakin praktis dan informatif.

5. Quick Setting
Android N hadir dengan pilihan user interface yang lebih baik daripada Android Marshallow. Perangkat yang Anda gunakan semakin atraktif desain antarmukanya. Sejak peluncuran Android 2.3 Gingerbread, Google memasukkan fitur notifikasi pada layar smartphone yang bisa dibuka dengan melakukan swipe dari atas ke bawah. Pada Android N, Anda akan menemukan format notifikasi baru yang tersusun dalam bentuk kotak khusus. Anda bisa menambah atau mengurangi pilihan notifikasi serta mengatur urutannya sesuai dengan keinginan atau yang paling sering Anda gunakan.

Fitur quick setting tidak hanya dapat dinikmati pada tampilan notifikasi. Anda juga bisa menemukannya di menu setting atau pengaturan. Selain pemindahan opsi Wi-Fi dan Bluetooth, setiap kolom pengaturan akan menampilkan informasi singkat. Perubahan lain pada menu pengaturan ini adalah tambahan “menu hamburger” dimana Anda bisa melakukan swipe dari kiri ke kanan untuk menjalankan menu pengaturan tanpa harus kembali ke tampilan utama seperti pada Marshmallow.

Semoga bermanfaat.