Penyebab Layar Blank pada Laptop Saat Dinyalakan

Saat Sobat menanyakan apa sekiranya penyebab layar blank pada laptop saat dinyalakan, maka jawabannya adalah sangat beraneka ragam. Terkadang kondisi layar blank ini bisa diatasi dengan mudah, namun jika terdapat masalah teknis yang sulit dikenali, pastinya akan memerlukan biaya yang tak sedikit untuk memperbaiki layar blank tersebut. Sebelum Anda putus asa, sebaiknya Anda simak beberapa penyebab kenapa layar laptop bisa blank pada post kali ini, sehingga nantinya Anda akan menemukan bagaimana caranya mengatasi penyebab tersebut.

Perlu diketahui bahwa layar blank pada laptop termasuk dalam beberapa masalah yang sering terjadi pada laptop sehingga mau tak mau, Anda perlu tahu mengenai masalah ini karena mungkin saja sewaktu-waktu Anda akan mengalaminya.

Banyak sekali kemungkinan yang menjadi penyebab kenapa layar laptop tidak bisa menyala dengan normal. Sebagian pendapat yang mengklaim bahwa masalah ini bermulai dari kabel, konektor dan perangkat. Semua komponen ini harusnya berfungsi dengan baik untuk membuat layar laptop dapat bekerja. Apabila layar tiba-tiba berubah menjadi blank, Anda tidak perlu panik karena beberapa penyebab layar blank di bawah ini dapat diatasi dengan mudah.

1. Laptop Terserang Virus
Berbagai macam virus komputer bisa menyebabkan layar laptop blank dan program antivirus terbaik bisa secara efektif membasmi virus tersebut. Dengan melakukan update pada software antivirus secara bertahap akan mampu untuk menggagalkan serangan virus. Selama laptop terinfeksi virus, alhasil driver juga ikut berpengaruh, bahkan bisa saja video card juga terkontaminasi sehingga layar monitor tampak kosong/blank dan beberapa kasus layar berwarna biru polos.

2. Windows Vista
Apabila Anda masih menggunakan Windows Vista sebagai sistem operasi, maka Anda bisa melakukan cara berikut ini untuk membuat layar kembali normal. Klik > Control Panel > Classic View > Power Options. Dari sini, Anda bisa membuka Balanced > Change Plan Settings > Change Advanced Settings. Lalu Anda dapat memilih Processor Power Management > Minimum processor state > Setting > Ubah ke 100 %, pada Maximum processor state juga disetel ke 100%.

3. Laptop Crash
Penyebab ini menjadi penyebab paling rumit kenapa layar bisa menjadi blank. Keadaan ini bisa terjadi karena alasan tertentu, bahkan sukar untuk diperbaiki. Oleh karena itu, Anda perlu membawanya ke service komputer atau pakar teknisi untuk membongkar laptop demi menemukan penyebab layar blank.

Masalah crash ini dapat disebabkan karena overheating atau kabel listrik yang renggang. Salah satu untuk mengeceknya ialah dengan memainkan audio. Apabila suara tidak terdengar sama sekali, maka seluruh sistem terjadi kesalahan, namun jika terdapat suara, maka masalah hanya terjadi pada layar laptop.

Artikel menarik:  5 Aplikasi Menggambar Digital di Android

4. OS Rusak
Sistem operasi memang sangat penting untuk membuat laptop berfungsi dengan benar. Karena alasan tertentu, program ini bisa saja berhenti spontan. Layar pun menjadi hitam setelah start up sehingga kemungkinan driver juga rusak. Untuk mengatasi hal ini, Anda harus melakukan update dan menghindari software bajakan. Belilah driver berlisensi, meskipun tidak murah, tapi akan menghemat biaya di kemudian hari.

5. VGA dan Graphic Cards Rusak
Kerusakan pada kedua komponen di atas turut memegang peranan penting dalam menjadi penyebab layar laptop menjadi blank dan tak dapat digunakan lagi. VGA dan kartu grafis yang rusak disebabkan oleh kualitas hardware yang buruk ataupun penggunaan laptop yang kasar. Contohnya laptop terjatuh, overheat sehingga kartu grafis terbakar, dan sebagainya. Perlu diketahui bahwa kerusakan ini memerlukan biaya yang tak sedikit untuk memperbaikinya sehingga Anda perlu berusaha sekuat mungkin untuk menghindari masalah ini.

6. Kerusakan Inverter
Layar laptop bisa meredup secara bertahap maupun kadang hanya sesekali. Hal tersebut bisa jadi disebabkan oleh inverter laptop mengalami kerusakan. Perangkat kecil ini berguna untuk mengontrol lampu background pada layar. Untuk mengeceknya, sambungkan laptop ke layar eksternal. Apabila memang pada monitor eksternal tampak normal, maka FL inverter sudah rusak. Gantilah dengan komponen yang baru agar laptop bisa bekerja dengan normal.

7. Kabel Elastis atau Fleksibel Bermasalah
Penyebab layar laptop blank berikutnya juga disebabkan oleh kerusakan di bagian fleksibel atau kabel elastis pada laptop. Sebagai informasi tambahan, untuk membuat laptop dengan layar yang dapat dibuka atau tutup, diperlukan sebuah kabel yang dapat menahan bobot cukup berat. Oleh karena itulah, disematkan kabel elastis yang bisa digerakkan dan mendukung penggunaan laptop yang dapat dibuka tutup.

Namun sayangnya, penggunaan laptop yang kasar, membuat laptop menjadi rentan rusak. Gejala kabel elastis rusak dapat dilihat dari tanda-tanda di bawah ini:
– Adanya bintik-bintik hitam (dead pixel) pada layar
– Dead pixel bertambah banyak dan meluas
– Adanya garis-garis yang melintang di layar
– Layar mengalami blank total