Tips & Trik

Penyebab dan Cara Mengatasi Baterai Android Boros

Baterai menjadi salah satu komponen smartphone yang sering dikeluhkan pengguna. Salah satu masalah lumrah yang sering menjadi keluhan ialah borosnya konsumsi baterai. Tak heran jika setiap pengguna smartphone selalu membawa powerbank atau charger supaya bisa mengisi daya ponsel mereka jika suatu saat baterai habis saat berada diluar rumah. Namun apakah Sobat tidak ingin tahu apa saja penyebab dan cara mengatasi baterai Android boros tersebut?

Berbicara masalah baterai, kami juga telah memberikan sejumlah tips, salah satunya tips mempercepat pengisian baterai smartphone sehingga bisa membantu Anda untuk mengerjakan segala aktivitas mobile dengan cepat.

Penyebab Baterai Android Boros
Biasanya, baterai cepat boros karena pemakaian smartphone yang berlebihan sehingga membuat suhu smartphone cepat panas. Masalah ini sebaiknya harus dicegah dan diatasi secepatnya karena jika terjadi secara terus-menerus, maka baterai smartphone akan rusak dan bertambah drop. Apalagi baterai panas dan boros dapat terjadi pada smartphone tipe apa saja, bahkan ponsel mahal sekalipun.

Berikut ini beberapa faktor penyebab kenapa baterai smartphone Anda cepat boros:

1. Penggunaan aplikasi yang berlebihan
Smartphone menjadi alat wajib yang sering digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Saking sibuknya menjalani aktivitas mobil, pengguna tidak memikirkan berapa banyak aplikasi yang sedang berjalan sehingga hal ini membuat baterai cepat habis karena banyaknya aktivitas pada perangkat.

2. Sinyal internet lemah
Internet menjadi bagian penting bagi smartphone karena tanpa adanya internet di smartphone layaknya pepatah sayur tanpa garam, karena terasa hambar. Hampir semua aplikasi pada smartphone membutuhkan sinyal internet. Namun jika sinyal internet lemah maka akan berpengaruh pada baterai karena sisa daya yang ada diharuskan bekerja lebih ekstra sehingga suhu baterai cepat panas dan berujung boros.

3. Game di smartphone
Selain menelepon, SMS, internetan, dan chatting online, smartphone juga digunakan untuk gaming. Terkadang game dengan memori besar pasti akan sangat menyita banyak tenaga, terutama untuk game dengan visual tinggi. Jika smartphone yang digunakan tidak cukup untuk bermain game dengan spesifikasi tinggi, maka smartphone Anda akan secara otomatis bekerja lebih ekstra dan akan mengkonsumsi daya yang ada di baterai, sehingga baterai menjadi cepat lowbat dan suhu pada baterai akan menjadi panas.

4. Banyaknya aplikasi terinstal
Jangan meremehkan aplikasi yang tidak terpakai yang ada pada smartphone Anda. Ada beberapa aplikasi yang tidak digunakan namun tetap berjalan dibackground. Contohnya adalah aplikasi yang tidak dibuka tapi bila ada notifikasi yang keluar di bagian atas smartphone Anda.

5. File sampah pada smartphone
Smartphone Android yang memiliki banyak aplikasi pastinya akan berdampak pada file sampah yang terakumulasi, jika file sampah yang ada pada smartphone Anda tidak dibersihkan, ini secara otomatis akan mempengaruhi performa ponsel. Karena semakin banyak file sampah yang akan membuat HP Anda menjadi lambat dan sistem akan bekerja lebih ekstra, membuat baterai cepat boros.

6. Kontras pada smartphone terlalu tinggi
Cahaya pada layar smartphone Anda terlalu terang, maka secara otomatis setting kontras pada layar smartphone juga terlalu tinggi. Semakin terang cahaya layar smartphone Anda akan semakin menguras daya baterai sehingga baterai menjadi panas dan boros.

7. Layar redup terlalu lama
Jika Anda merasa daya pada smartphone cepat habis dan suhu baterai panas, mungkin ini disebabkan oleh dead screen time yang terlalu lama. Penggunaan smartphone yang baik biasanya menggunakan dead time di layar maksimal 2 meni, sehingga jika lebih dari itu baterai akan terasa boros dan suhu smartphone sangat panas.

Cara Mengatasi Baterai Android Cepat Boros
Setelah membaca penjelasan beberapa penyebab yang membuat baterai smartphone Android cepat boros, maka Anda bisa mencegah sekaligus mengatasinya dengan cara di bawah ini:

1. Gunakan smartphone dengan benar
Jika Anda memiliki smartphone dengan spesifikasi standar, maka jangan sesekali Anda menjalankan aplikasi yang tidak sesuai dengan spesifikasi smartphone Anda. Hal ini dilakukan untuk mencegah baterai cepat panas dan boros.

2. Jangan memainkan smartphone saat di charge
Agar daya tahan baterai yang lama, tidak cepat boros dan smartphone dalam keadaan suhu yang wajar sebaiknya janganmengoperasikan smartphone saat pengisian berlangsung. Selain merusak baterai ponsel, kesehatan tubuh Anda juga terancam karena radiasi dari arus listrik yang berlangsung.

3. Charge baterai saat ada notifikasi
Bila pada layar smartphone timbul notif baterai harus segera diisi, jangan charge sampai baterai terlanjut mati karena jika ini terus dilakukan bisa menyebabkan kerusakan pada baterai. Hal awal yang akan terjadi adalah ponsel Anda terlalu panas dan baterai boros.

4. Mengganti baterai smartphone
Jika baterai sudah rusak namun masih dalam keadaan garansi, maka Anda bisa membawanya ke tempat service sesuai dengan merk HP yang Anda miliki. Biasanya baterai akan diganti dengan yang baru, tapi harus ada informasi bahwa kartu garansi masih berlaku.

5. Batasi Pemakaian Widget dan Aplikasi Latar Belakang
Koleksi aplikasi latar belakang yang selalu berjalan ini seringkali bermanfaat, namun bisa sangat menguras baterai smartphone Android. Anda bisa mengakalinya dengan menyetel waktu update menjadi lebih jarang, contohnya aplikasi cuaca yang biasanya selalu diperbarui setiap jam sekali, Anda bisa merubahnya menjadi tiga atau empat jam sekali.