Pengertian XAMPP

Istilah XAMPP berdiri untuk Cross-Platform (X) Apache (A) MariaDB (M) PHP (P) and Perl (P). Lantas, apakah pengertian XAMPP secara lengkap? XAMPP merupakan sebuah distribusi Apache yang sederhana dan ringan yang berfungsi untuk membuat pembuatan web server lokal untuk tujuan pengujian bagi para pengembang. Segala hal yang Anda butuhkan untuk membangun sebuah web server, termasuk aplikasi server (Apache), basis data (MariaDB), dan bahasa pemrograman server-side (PHP), tersedia di dalam sebuah file extractable sederhana.

Pengertian XAMPP

Mengenal Lebih Jauh XAMPP
XAMPP juga bersifat cross-platform, yang berarti ia dapat bekerja dengan baik di Linux, Mac, dan juga Windows. Karena kebanyakan web server menggunakan komponen-komponen yang serupa dengan XAMPP, menjadi amat mudah pula untuk mengubah sebuah server pengujian lokal menjadi server yang live. Pengembangan web dengan menggunakan XAMPP terutama sangat beginner-friendly sehingga menjadi cukup populer.

Kata XAMPP terlihat jelas merupakan sebuah akronim. Meski demikian, tidak ada kepanjangan yang resmi dispesifikasikan di website Apache Friends. Header di homepage mereka bertuliskan “XAMPP Apache + MariaDB + PHP + Perl”, menandakan bahwa XAMPP merupakan sebuah akronim rekursif. Meski begitu, huruf “X” sering kali diterjemahkan sebagai lambang dari sifat cross-platform (cross = silang, huruf x) XAMPP.

Adapun huruf “M” pada kata XAMPP mula-mula melambangkan MySQL. Semenjak tanggal 19 Oktober 2015, mulai dari XAMPP versi 5.5.30 dan 5.6.14, MariaDB menggantikan MySQL, sehingga secara efektif mengubah kepanjangan dari XAMPP itu sendiri. Lalu, meski kedua huruf “P” secara de facto bisa ditukar satu sama lain, konvensi yang digunakan di website Apache Friends menandakan bahwa huruf P pertama merupakan kependekan untuk PHP, sementara huruf P kedua merupakan kependekan untuk Perl.

Para desainer XAMPP memaksudkan XAMPP untuk digunakan hanya sebagai suatu tool pengembangan website, guna memungkinkan desainer dan programmer website untuk menguji hasil kerja mereka di komputer mereka sendiri tanpa membutuhkan akses ke internet. Untuk membuat hal ini semudah dan sepraktis mungkin, banyak fitur keamanan dari komponen-komponen XAMPP yang dimatikan secara default. XAMPP juga memiliki kemampuan untuk menyajikan halaman web ke World Wide Web. Sebuah tool khusus diberikan untuk melindungi bagian-bagian terpenting dari paket dengan menggunakan password. Lebih lanjut, XAMPP juga menyediakan dukungan untuk pembuatan dan manipulasi database di MariaDB dan SQLite.

Begitu XAMPP terinstalasi, kita dapat menggunakan XAMPP untuk membuat sebuah local host menjadi remote host dengan menggunakan FTP Client, atau via FTP dengan menggunakan HTML Editor. Username FTP default adalah “newuser” sementara password FTP default adalah “wampp”. Sedangkan username untuk MariaDB yang default adalah “root”, tanpa password default.

Fitur dan Kegunaan
Secara teratur, XAMPP diperbarui ke rilis terbaru Apache, MariaDB, PHP dan Perl. Ini juga dilengkapi dengan sejumlah modul lainnya termasuk OpenSSL, phpMyAdmin, MediaWiki, Joomla, WordPress dan masih banyak lagi. Self-contained, beberapa contoh XAMPP bisa terdapat pada satu komputer, dan contoh yang diberikan dapat disalin dari satu komputer ke komputer lain. Selain itu, XAMPP ditawarkan secara full dan versi standar (Smaller version).

Dalam penggunaannya secara resmi, perancang XAMPP hanya menggunakannya sebagai alat pengembangan, memungkinkan perancang situs web dan pemrogram untuk menguji pekerjaan mereka di komputer mereka sendiri tanpa akses ke Internet. Untuk membuat ini semudah mungkin, banyak fitur keamanan penting dinonaktifkan secara default.

XAMPP juga memiliki kemampuan untuk menyajikan halaman web di World Wide Web (www). Alat khusus disediakan untuk melindungi bagian-bagian terpenting dari paket tersebut. Kemudian, XAMPP turut menyediakan dukungan untuk membuat dan memanipulasi database di MariaDB dan SQLite.

Setelah XAMPP terinstal, Anda bisa memperlakukan localhost seperti remote host dengan menghubungkan menggunakan klien FTP. Menggunakan program seperti FileZilla memiliki banyak kelebihan saat memasang sistem manajemen konten (CMS) seperti Joomla atau WordPress. Hal ini juga memungkinkan untuk terhubung ke localhost melalui FTP dengan editor HTML.

Komponen Utama XAMPP
XAMPP memiliki empat komponen utama yaitu:
1. Apache
Merupakan sebuah aplikasi web server aktual yang memproses dan mengirimkan konten web ke komputer pengguna. Apache adalah web server paling populer, menjalankan hampir 54% dari semua website di dunia.
Secara jelasnya, Apache HTTP Server atau sering disebut dengan Apache ini adalah perangkat lunak server web cross-platform gratis dan open-source, yang dirilis dengan persyaratan Apache License 2.0. Apache dikembangkan dan dikelola oleh komunitas developers terbuka di bawah naungan Apache Software Foundation.

Meskipun Apache HTTP Server cross-platform, pada tanggal 1 Juni 2017, 92% dari semua salinan Apache HTTPS Server berjalan di distribusi Linux. Versi 2.0 meningkatkan dukungan untuk sistem operasi non-Unix seperti Windows dan OS/2. Sedangkan untuk versi lama Apache di porting untuk dijalankan di OpenVMS dan NetWare.

Artikel menarik:  Kenali Kelebihan dan Kekurangan Prosesor Quad Core

Awalnya berbasis server NCSA HTTPd, pengembangan Apache dimulai pada awal 1995 setelah pengerjaan kode NCSA terhenti. Apache memainkan peran penting dalam pertumbuhan awal World Wide Web, dengan cepat menyalip NCSA HTTPd sebagai server HTTP yang dominan, dan tetap populer sejak April 1996. Pada tahun 2009, Apache menjadi perangkat lunak server web pertama yang melayani lebih banyak dari 100 juta situs web. Pada Juli 2016 diperkirakan Apache telah melayani 46% dari semua situs web aktif dan 43% dari jutaan situs web teratas.

2. MariaDB
Setiap aplikasi web membutuhkan suatu basis data untuk menyimpan dan mengorganisasi data. MariaDB adalah aplikasi manajemen database open-source turunan dari MySQL, yang telah diakuisisi oleh Oracle.

Secara jelasnya, MariaDB merupakan sebuah komunitas yang dikembangkan dari sistem manajemen database relasional MySQL yang dimaksudkan untuk tetap free di bawah GNU GPL. Pengembangan MariaDB dipimpin oleh beberapa pengembang asli MySQL, yang bercabang karena kekhawatiran atas akuisisi oleh Oracle Corporation. Kontributor diwajibkan untuk berbagi hak cipta mereka dengan Yayasan MariaDB.

MariaDB bermaksud untuk mempertahankan kompatibilitas yang tinggi dengan MySQL, memastikan kemampuan penggantian drop-in dengan kesetaraan biner perpustakaan dan cocok dengan API MySQL dan perintahnya. Aplikasi ini termasuk mesin penyimpanan XtraDB untuk mengganti InnoDB, serta mesin penyimpanan baru, Aria, yang bermaksud menjadi mesin transaksional dan non-transaksional bahkan mungkin disertakan dalam versi MySQL di masa mendatang.

Pemimpin utamanya adalah Michael “Monty” Widenius, salah satu pendiri MySQL AB dan pendiri Monty Program AB. Pada tanggal 16 Januari 2008, MySQL AB mengumumkan bahwa mereka telah setuju untuk diakuisisi oleh Sun Microsystems seharga sekitar $ 1 miliar. Akuisisi ini selesai pada tanggal 26 Februari 2008. MariaDB dinamai dari putri Maria Monty yang lebih muda, mirip dengan bagaimana nama MySQL dinamai putrinya yang lain.

3. PHP

Memiliki kepanjangan Hypertext Preprocessor, dan merupakan bahasa pemrograman server-side yang digunakan di banyak website paling populer di dunia, termasuk di WordPress dan Facebook. PHP bersifat open-source, relatif mudah dipelajari, dan bekerja dengan baik dengan MySQL serta MariaDB, sehingga membuatnya populer di kalangan pengembang web.

PHP adalah bahasa script sisi server yang dirancang terutama untuk pengembangan web namun juga digunakan sebagai bahasa pemrograman dengan tujuan umum. Awalnya dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1994, implementasi referensi PHP sekarang diproduksi oleh The PHP Development Team. PHP awalnya berdiri untuk Personal Home Page, tapi sekarang singkatan dari akronim rekursif PHP adalah Hypertext Preprocessor.

Kode PHP dapat disematkan ke markup HTML atau HTML5, atau dapat digunakan dalam kombinasi dengan berbagai sistem template web, sistem pengelolaan konten web dan kerangka web. Kode PHP biasanya diolah oleh seorang juru bahasa PHP yang diimplementasikan sebagai modul di web server atau sebagai Common Gateway Interface (CGI) yang bisa dieksekusi.

Perangkat lunak server web menggabungkan hasil kode PHP yang diinterpretasikan dan dieksekusi, yang mungkin merupakan jenis data, termasuk gambar, dengan halaman web yang dihasilkan. Kode PHP juga bisa dijalankan dengan command-line interface (CLI) dan bisa digunakan untuk mengimplementasikan aplikasi grafis mandiri.

4. Perl
Adalah sebuah bahasa pemrograman dinamis level tinggi yang secara ekstensif digunakan dalam jaringan dan sistem admin. Sementara berbagai versi berbeda XAMPP dapat menyertakan komponen-komponen tambahan tertentu seperti phpMyAdmin, OpenSSL, dan lain-lain. Komponen-komponen tambahan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan fungsionalitas XAMPP dalam membangun web server secara penuh.

Meskipun Perl tidak secara resmi merupakan akronim, namun Perl terdapat berbagai backronym yang digunakan, termasuk “Practical Extraction and Reporting Language”. Perl awalnya dikembangkan oleh Larry Wall pada tahun 1987 sebagai bahasa scripting Unix untuk keperluan umum agar memudahkan pemrosesan laporan.

Sejak saat itu, Perl telah mengalami banyak perubahan dan revisi. Perl 6, yang dimulai sebagai perancangan ulang Perl 5 pada tahun 2000, akhirnya berkembang menjadi bahasa yang terpisah. Kedua bahasa itu terus dikembangkan secara independen oleh tim pengembang yang berbeda dan secara bebas meminjam ide satu sama lain.

Bahasa Perl meminjam fitur dari bahasa pemrograman lain termasuk C, skrip shell (sh), AWK, dan sed. Mereka menyediakan fasilitas pemrosesan teks yang kuat tanpa batasan panjang data yang sewenang-wenang dari banyak alat komando Unix kontemporer, yang memudahkan manipulasi file teks dengan mudah. Perl 5 mendapatkan popularitas yang meluas di akhir tahun 1990-an sebagai bahasa scripting CGI, sebagian karena ekspresi reguler dan kemampuan parsing string yang tak tertandingi.

Semoga bermanfaat!