Seputar Tekno

Pengertian WPA

Kemarin, kita sudah membahas tentang Pengertian WEP, yakni suatu protokol keamanan yang pernah dijadikan standar untuk pengamanan jaringan Wi-Fi. Karena celah keamanan yang terdapat pada WEP, standar protokol keamanan jaringan Wi-Fi pun diganti dengan WPA. Kali ini, kita akan mencoba mengenal WPA beserta perbedaannya dengan WEP.

Pengertian WPA

WPA alias Wi-Fi Protected Access adalah sebuah protokol keamanan yang didesain secara khusus untuk mengamankan jaringan Wi-Fi. WPA mirip dengan WEP, tetapi menawarkan perbaikan manajemen security key serta cara autentifikasi user.

Di dalam jaringan yang diproteksi WPA, data dienskripsi terlebih dahulu berdasarkan key tertentu sebelum dikirimkan dalam bentuk gelombang radio. Sinyal gelombang radio tersebut lalu ditangkap oleh komputer penerima, tetapi tidak dapat langsung dibaca karena masih dalam keadaan terkode. Komputer penerima melakukan proses deskripsi terlebih dahulu berdasarkan key tertentu terhadap sinyal yang diterima, agar sinyal tersebut kembali ke dalam bentuk data asli. Jika dalam transfer data terdapat komputer lain yang menguping dan menangkap sinyal, ia tidak dapat membaca data yang dikirim karena ia tidak memiliki key untuk melakukan deskripsi.

Sehingga, agar transfer data dapat dilakukan, sistem komputer pengirim dan penerima data yang sah harus memiliki key enskripsi/deskripsi yang sama. WEP memiliki kelemahan dimana key bagi masing-masing sistem adalah tetap, sehingga penyusup dapat memecahkan key tersebut setelah menangkap sekumpulan besar sinyal data. WPA mengatasi kelemahan tersebut dengan menggunakan Temporal Key Integrity Protocol (TKIP). Key yang digunakan dalam WPA berubah secara dinamis. Hal ini mencegah penyusup mendapatkan key yang berguna. Jika penyusup menangkap sekumpulan data dan memecahkan key mereka, key yang ia dapatkan ini tidak dapat digunakan untuk sinyal data yang lain.

Artikel menarik:  Mengulik Software Edit Photo Meitu

WPA juga mengimplementasikan Extensible Authentication Protocol (EAP) untuk melakukan autentifikasi user. Tidak hanya memeriksa komputer berdasarkan MAC Address saja, WPA menggunakan beberapa metode tambahan untuk verifikasi identitas komputer. Sehingga, menjadi lebih sulit bagi sistem komputer ilegal untuk memperoleh akses ke dalam jaringan.

Tahun 2003, Wi-Fi Alliance menetapkan WPA sebagai standar keamanan jaringan Wi-Fi. Kemudian pada tahun 2004, WPA diperbarui dengan protokol WPA2 yang lebih kompleks.