Pengertian World Wide Web [WWW]

Sobat Gaptex, pada posting kali ini kita akan membahas sebuah istilah mendasar dalam dunia internet, WWW. Ketika membuka satu jendela baru web browser, Anda bisa mendapati satu alamat situs web default satu kode “WWW” yang tak lain adalah kepanjangan dari World Wide Web. Lalu, apakah maksud dari terminologi ini? Sebenarnya dalam dunia komputer dan jaringan, istilah WWW atau World Wide Web memiliki pengertian tertentu. Sehingga dapat dijadikan sebagai kode tersendiri untuk mengarahkan pada satu alamat tertentu.

Pengertian World Wide Web

Menurut Wikipedia, WWW atau World Wide Web merupakan suatu wadah informasi yang mana sering dipakai oleh pengenal global yang disebut pengidentifikasian sumber seragam guna mengenal pasti dari sumber daya berguna.

Pengertian kode WWW atau World Wide Web secara mudah adalah merupakan satu poin penting yang tidak bisa dipisahkan dari internet, bukan merupakan internet itu sendiri. WWW hanya berupa kode yang diidentifikasikan untuk bisa mengunjungi internet. Internet itu sendiri merupakan satu ruang global yang bisa menghubungkan Anda dengan berbagai media seperti informasi, lagu, gambar, dan lain-lain. Anda juga bisa menyebut WWW atau World Wide Web adalah satu pengumpul atau kumpulan dari web yang ada atau disediakan oleh internet itu sendiri. Ketika Anda tidak menggunakan kode ini, maka Anda tidak bisa menemui dunia internet seperti yang Anda inginkan.

Artikel berhubungan:  Pengertian VLE

pengertian www

WWW atau World Wide Web seperti suatu portal penghubung pengguna internet dengan dunia internet. Kode WWW digunakan untuk bisa mengakses data dan informasi dengan tujuan bersama. Dengan demikian, bisa diambil kesimpulan bahwa WWW atau World Wide Web adalah bagian paling menarik dalam internet. Secara singkat, WWW atau World Wide Web merupakan satu kode tunggal yang bisa digunakan untuk membuka aneka dokumen informasi yang disimpan dalam bentuk format HTML yang merupakan singkatan dari Hypertext Markup Language.

Halaman dalam bentuk format HTML bisa Anda nikmati dengan terlebih dahulu menggunakan kode WWW atau World Wide Web. Suatu halaman yang terkait antara satu dengan yang lainnya pun bisa Anda akses satu demi satu oleh karena kode global ini. Keterkaitan halaman teks disebut pranala. Sedangkan untuk keterkaitan antar halaman dengan media lain seperti suara, klip video, dan gambar disebut sebagai hipermedia. Terdapat pula istilah lain yakni hipertaut yang merupakan kaitan antara satu situs web dengan web lainnya yang bisa Anda kunjungi hanya dengan satu klik yang Anda jalankan. Semua hubungan ini tidak akan bisa Anda akses tanpa melalui kode global WWW atau World Wide Web.