Pengertian Wireless, HotSpot & WiFi

Sobat gaptex, dalam dunia teknologi internet sekarang ini; wireless, hotspot dan wifi merupakan terminologi yang tak bisa lepas dari perbincangan sehari-hari. Beberapa label dan stiker yang terpampang pada area publik pun tak jarang menampilkan ketiga istilah tersebut. Pada post kali ini, kita akan membahas perbedaan ketiga istilah, pengertian masing-masing dan hal-hal yang berhubungan dengan terminologi tersebut.

pengertian wireless

Wireless
Pada dasarnya, wireless berarti ‘tanpa kabel’, sehingga perangkat elektronik apa saja yang terhubung satu sama lain tanpa menggunakan kabel dapat disebut dengan wireless. Seperti misalnya pager, telpon selular, cordless, remote control, teknologi IR, Bluetooth dan lain sebagainya.

Wireless didefinisikan sebagai sebuah jaringan tanpa kabel yang menggunakan udara sebagai media transmisinya untuk menghantarkan gelombang elektromagnetik. Untuk jaringan internet pada komputer, wireless secara spesifik diistilahkan sebagai wireless LAN (WLAN).

Pada WLAN, transmisi radio berfungsi selayaknya ‘kabel’, sementara Access Point berfungsi sebagaimana HUB pada jaringan konvensional. Standar teknologi WLAN adalah IEEE 802.11 yang tediri dari IEEE 802.11a, IEEE 802.11b dan IEEE 802.11g dengan kecepatam dari 11 Mbps hingga 54 Mbps.

WiFi
Dieja dengan wai-fai (bukan wifi) adalah singkatan dari Wireless Fidelity, merupakan aliansi kelompok industri untuk membentuk standar interoperabilitas antar perangkat WLAN agar setiap perangkat yang telah disertifikasi WiFi akan dapat saling terhubung meskipun berbeda vendor atau merek.

Wi-Fi_Logo

Tanda WiFi ini sering terlihat di area-area yang memang mendukung koneksi internet berbasis WLAN (wireless LAN). Secara garis besar, WiFi adalah sama persis dengan WLAN. WiFi lebih dikenal karena lebih sering digunakan.

Penerapan dari standar wifi dalam teknologi ICT sangat luas sekali. Di Indonesia sendiri, beberapa waktu belakangan muncul sebuah layanan yang bernama Indonesia Wifi (@wifi.id) yang menjangkau hampir seluruh area publik di nusantara. Untuk melihat detail, silahkan menuju ke link ini.

HotSpot
Berbeda dengan WiFi, HotSpot sendiri merupakan gambaran dari area atau lingkup tertentu yang terjangkau oleh frekuensi jaringan WLAN/WiFi sehingga orang dapat melakukan koneksi jaringan melalui perangkat yang memiliki teknologi WiFi seperti smartphone, komputer, laptop dan lain sebagainya.

Beberapa jaringan HotSpot terbuka bebas bagi setiap pengguna, sementara sebagian yang lain diproteksi oleh password sehingga setiap pengguna yang ingin masuk ke dalam jaringan harus memasukkan password yang tepat sebelum dapat terhubung. HotSpot dapat diaplikasikan mulai dari area rumah hingga perkantoran dan area publik yang cukup luas.

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part