Seputar Tekno

Pengertian Website Spoofing

Spoofing merupakan teknik yang sering digunakan oleh para hacker atau cracker untuk memperoleh akses yang tidak sah ke suatu komputer atau website, dimana hacker tersebut berhubungan dengan penggunanya mengunakan cara berpura-pura sebagai host yang terpercaya. Singkatnya, Spoofing adalah pemalsuan IP Address untuk menyerang sebuah server di internet. Melalui pemakaian alamat email seseorang atau dengan cara menyusup menggunakan identitas resmi secara ilegal, hacker dapat mengakses segala sesuatu yang berada di dalam jaringan.

Pengertian Website Spoofing

Ada banyak macam-macam Spoofing antara lain:

· IP Spoofing merupakan serangan teknis yang rumit karena terdiri dari beberapa komponen. Hal ini termasuk eksploitasi keamanan yang bekerja dengan cara menipu komputer dalam hubungan kepercayaan bahwa Anda adalah orang lain. Contohnya makalan yang ditulis oleh route, daemon9, dan infinity di Volume Seven.

· DNS Spoofing ialah dengan cara mengambil nama DNS dari sistem lain, oleh sebab itu hal tersebut membahayakan domain name server suatu domain yang sah

· Identify Spoofing adalah suatu tindakan penyusupan dengan cara menggunakan identitas resmi secara ilegal.

Kemudian ada pula Website Spoofing. Web Spoofing melibatkan server web yang dimiliki oleh penyerang dengan cara meletakkannya pada internet antara pengguna dan WWW, sehingga akses ke web yang dituju pengguna, akan terlebih dahulu melalui server penyerang. Cara seperti ini sering dikenal dengan istilah “Man in the middle attack”. Hal tersebut dapat terjadi dengan beberapa jalan, namun yang paling mungkin adalah:

Artikel menarik:  Mengenal Layar Bezel-less beserta Kelebihan & Kekurangannya

· Akses ke situs web di arahkan melalui proxy server yang disebut HTTP Application proxy. Kemudian dapat memberikan pengolahan jaringan yang lebih baik untuk akses ke server. Teknik ini memang cukup baik untuk digunakan situs-situs di internet namun tak bisa mencegah Web Spoofing.

· Penyerang menaruh link yang palsu dan sudah di hack pada halaman Web yang lagi populer.

· Saat Anda menggunakan search engine seperti Google, Yahoo, Alta Vista untuk mencari link dari topik hangat. Tanpa diketahui sebelumnya, beberapa dari link ini telah diletakkan oleh hacker yang menipu dengan cara menjadi orang lain.

· Saat menggunakan browser untuk mengakses ke sebuah Web. Semua yang terdapat pada NET akan direferensikan dengan URL. Awalnya, penyerang harus menulis ulang URL dari halaman web yang dituju kemudian pengakses akan mengacu ke server yang dimiliki oleh penyerang, daripada ke server web yang asli.