Pengertian URL

Dalam dunia internet dikenal dengan URL, tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah URL. Iya, URL merupakan alamat dari suatu website yang akan dikunjungi. Tapi, sudah tahukah Anda pada singkatan dari URL dan apa sebenarnya definisi dari URL? URL merupakan singkatan dari Uniform Resource Locator. URL merupakan suatu sistem yang diberikan untuk nama suatu website. URL ini bisa dikatakan alamat web yang akan kita kunjungi ketika berselancar di dunia maya. URL ini akan tertulis lengkap dan jelas pada bagian atas atau pada bagian web browser. URL biasanya digunakan untuk mengakses data ataupun dokumen pada website tertentu.

Pengertian URL

Dari awal kemunculannya URL sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat. URL pertama kali ditemukan atau diciptakan oleh Barners Lee dan juga timnya pada tahun 1991. Tujuan awal dibuat URL adalah untuk memudahkan penulis dokumen memasukkan referensinya pada pranala World Wide Web atau yang disingkat dengan WWW. Tahun 1994 URL mengalami pengembangan yang semakin pesat. URL dikembangkan menjadi URI atau Uniform Resource Identifier, pengembangan ini dimaksudkan agar penggunaannya lebih bersifat ke umum. Simak juga pengertian Hyperlink.

Artikel berhubungan:  Tentang Baterai Kembung, Hamil atau Bunting

URL dan URI sama-sama alamat yang ditujukan untuk mengakses website api yang keduanya mempunyai perbedaan yang mendasar. URI digunakan untuk mengakses data tunggal, sedangkan URL digunakan untuk mengakses sumber yang ada di internet. Perbedaan lainnya yaitu URL merupakan bagian dari URI. URI dapat digunakan untuk mengakses resource dengan nama atau lokasi, dan bisa mengakses keduanya. Perbedaan yang lebih mendasar yaitu URI menggunakan kode fragment dan juga scheme, sedangkan URL hanya menggunakan scheme.

Ada tiga bagian yang ada pada URL yaitu protokol, server, dan path. Protokol merupakan awalan dari sebuah URL. Awalan ini dapat berupa http:// atau ftp://, setiap kali mengunjungi situs pasti akan tercantum protokol di awalnya. Protokol ini mempunyai fungsi untuk menghubungkan server client dengan web. Bagian yang kedua adalah server, server merupakan lokasi dimana data ini diambil, bisa dikatakan server merupakan penyedia data. Sedangkan bagian yang terakhir yaitu Path. Path merupakan bagian yang menunjukkan letak data yang lebih spesifik.