Pengertian UNIX

UNIX merupakan salah satu sistem operasi yang digunakan sebagai sistem operasi baku dalam berbagai jenis komputer yang di awali dengan proyek Multics pada tahun 1965. UNIX dikembangkan oleh American Telephone and Telegraph (AT&T), Institut Teknologi Massachusetts (MIT), dan General Electric (GE) dengan biaya dari DARPA atau Departemen Pertahanan Amerika. UNIX juga di desain sebagai sistem operasi yang multi-tasking, portabel, dan multi-user.

Pengertian UNIX

Sistem operasi UNIX digunakan sebagai server atau workstation yang digunakan secara luas. Arsitektur UNIX dan model klien server adalah elemen yang paling utama dalam perkembangan internet dan mengubah proses komputasi dalam jaringan daripada proses tunggal di komputer. Sistem operasi UNIX di adopsi dari Linux yang tersedia secara bebas dan juga sebagai alternatif paling terkenal dari sistem operasi proprietari seperti Windows.

Setiap sistem operasi, pasti banyak sekali pembagian macam-macamnya. Tidak terkecuali dengan UNIX. Sistem operasi tersebut telah dikembangkan oleh banyak pihak karena termasuk OS yang open source. Dari berbagai pihak yang mengembangkan UNIX, semakin bertambah pula teknologi yang dimiliki UNIX. Walaupun demikian hal itu diluar standar, namun mampu menjadikan OS UNIX semakin kuat dan handal.

Artikel menarik:  Apa itu NIC?

Beberapa jenis UNIX yaitu A/UX, Domain/X, Darwin, CTIX, Distrix, DG/UX, UniCOS, Digital UNIX, Ultrix, FreeBSD, Uniplus+, QNIX, OpenSolaris, NextStep, SunOS, dan masih banyak lagi. Kelebihan dari sistem operasi UNIX adalah:
· Multi-user, yang berarti dapat digunakan oleh banyak pengguna sekaligus
· Multitasking, dapat menjalankan tugasnya secara bersamaan dalam satu waktu sekaligus
· Memiliki kinerja yang sangat baik bila dibandingkan dengan sistem operasi Windows NT
· Adanya portabilitas yang mana akan menyesuaikan diri dengan mudah pada setiap jenis komputer
· Adanya sistem hirarkikal, yang artinya pengorganisasian informasi atau data dalam bentuk yang teratur supaya mudah untuk di ingat dan di akses ketika diperlukan
· Sistem operasi yang bisa digunakan secara cuma-cuma alias gratis
· Sistem file normal dan berjalan stabil untuk database, file server, server internet Intranet, internet client pengembangan java, tetapi bukan bahasa pemrograman seperti JavaScript.