PCSeputar Tekno

Pengertian Tunneling

Dalam lalu lintas data via internet, teknologi tunneling merupakan hal yang lumrah digunakan. Tujuannya tentu saja agar data yang dikirimkan sampai ke tujuan tanpa terganggu oleh data lain yang dilintasinya. Sesuai namanya, tunneling berarti sebuah jalur terowongan terselubung seperti layaknya aliran air maupun jalur khusus busway.

Pengertian Tunneling

Teknologi tunneling merupakan teknologi yang bertugas untuk manangani dan menyediakan koneksi point-to-point dari sumber ke tujuannya. Disebut tunnel karena koneksi point-to-point tersebut sebenarnya terbentuk dengan melintasi jaringan umum, namun koneksi tersebut tidak memperdulikan paket-paket data milik orang lain yang sama-sama melintasi jaringan umum tersebut, tetapi koneksi tersebut hanya melayani transportasi data dari pembuatnya.

Pengertian Tunneling
Tunneling adalah dasar dari VPN untuk membuat suatu jaringan private melalui jaringan internet. Tunneling juga merupakan enkapsulasi atau pembungkusan suatu protokol ke dalam paket protokol.

Tunneling menyediakan suatu koneksi point-to-point logis sepanjang jaringan IP yang bersifat connectionless. Proses transfer data dari satu jaringan ke jaringan lain memanfaatkan jaringan internet secara terselubung (tunneling). Ketika paket berjalan menujun ke node tujuan, paket ini melalui suatu jalur yang disebut tunnel .

Artikel menarik:  Pengertian Bahasa Pemrograman

Disebut tunnel atau saluran karena aplikasi yang memanfaatkannya hanya melihat dua end point, sehingga paket yang lewat pada tunnel hanya akan melakukan satu kali lompatan atau hop. Tunneling pada VPN menggunakan enkripsi untuk melindungi data agar tidak dapat dilihat oleh pihak-pihak yang tidak diberi otorisasi dan untuk membuat suatu encapsulation multiprotocol jika diperlukan.

Tunneling merupakan metode untuk transfer data dari satu jaringan ke jaringan lain dengan memanfaatkan jaringan internet secara terselubung. Protocol tunneling tidak mengirimkan frame sebagaimana yang dihasilkan oleh node asalnya begitu saja, melainkan membungkusnya men-enkapsulasi dalam header tambahan. Header tambahan tersebut berisi informasi routing sehingga data frame yang dikirim dapat melewati.