Pengertian Software [Lengkap]

Software merupakan sebuah istilah yang tidak bisa dipisahkan dari ilmu komputer. Sebagai kebalikan dari hardware, terminologi “software” kerap disebut-sebut. Tapi apakah sebenarnya pengertian dari software itu? Kita akan membahasnya tuntas sekarang.

Pengertian Software

Software adalah nama lain dari Perangkat Lunak yang artinya sebuah kode program yang disusun sedemikian rupa secara sistematis untuk mencapai suatu tujuan. Pada setiap sistem komputer harus terdapat software karena tanpa software interaksi antara brainware dengan hardware tidak memungkinkan yang bisa kita lihat tetapi tidak bisa diraba. Seperti nama lainnya itu, yaitu perangkat lunak, sifatnya pun berbeda dengan hardware atau perangkat keras, jika perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat diliat dan disentuh oleh manusia, maka software atau Perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda tapi kita bisa mengoperasikannya.

Pengertian Software komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah Software atau perangkat lunak komputer berdasarkan distribusinya dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu software berbayar, software gratis atau free ( Freeware, Free Software).

1. Software berbayar merupakan perangkat lunak yang didistribusikan untuk tujuan komersil, setiap pengguna yang ingin menggunakan atau mendapatkan software tersebut dengan cara membeli atau membayar pada pihak yang mendistribusikannya. pengguna yang menggunakan software berbayar umumnya tidak diijinkan untuk menyebarluaskan software tersebut secara bebas tanpa ijin ada penerbitnya. contoh software berbayar ini misalnya
adalah sistem Microsoft Windows, Microsoft Office, Adobe Photoshop, dan lain-lain.

2. Freeware atau perangkat lunak gratis adalah perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu, berbeda dari shareware yang mewajibkan penggunanya membayar (misalnya setelah jangka waktu percobaan tertentu atau untuk memperoleh fungsi tambahan). Para pengembang perangkat gratis seringkali membuat perangkat gratis freeware “untuk disumbangkan kepada komunitas”, namun juga tetap ingin mempertahankan hak mereka sebagai pengembang dan memiliki kontrol terhadap pengembangan selanjutnya.  Jadi free software tidak mengarah kepada gratis pembelian tetapi penggunaan dan distribusi. Begitu keluar dari lisensi kita dapat menemukan berbagai cara untuk mendistribusikan perangkat lunak, termasuk freeware, shareware atau Adware. Klasifikasi ini mempengaruhi cara di mana program dipasarkan, dan independen dari lisensi perangkat lunak mana mereka berasal.

a. Operating System
Operating system atau biasa disebut dengan sistem operasi komputer adalah sekumpulan program komputer yang saling terintegrasi, yang mengelola penggunaan perangkat keras yang ada pada sebuah komputer. Fungsi sistem operasi antara lain untuk manajemen disk dan file, manajemen prosesor, manajemen memory, kontrol tampilan dan suara, dan sebagainya. Pendek kata, sistem operasi ini mengontrol seluruh hal yang terjadi dalam operasional sebuah komputer. Ada banyak macam sistem operasi yang dipakai untuk berbagai keperluan. Masing-masing sistem operasi memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri. Berikut macam-macam sistem operasi yang ada :
· Microsoft DOS (Disk Operating System).
· Microsoft Windows (Win 3.1, Win 95, Win 98, Win 98 SE, Win 95 For Workgroup, Win ME, Win NT 4.0, Win 2000 Professional, Win 2000 Server, Win XP, Win 2000 Advanced Server, Win 2000 Data Center Server).
· Linux (SuSE, RedHat, Caldera, Mandrake, Debian, Corel Linux, Slakewave, dsb).
· Mac OS.
· IBM O/S 2 Warp.
· UNIX (Sun Solaris, AIX, SCO, dsb).

Artikel berhubungan:  Pengertian Cookies Browser

b. Program Aplikasi
Program aplikasi atau biasa disebut dengan aplikasi, merupakan program yang berjalan pada sistem operasi, dan dibuat untuk membantu user mengerjakan sesuatu untuk meningkatkan produktivitasnya. Ada banyak sekali jenis aplikasi, di antaranya :
· Aplikasi bisnis dan perkantoran didominasi oleh Microsoft Office. Microsoft Office ini memiliki kumpulan aplikasi yang sangat familiar dengan pengguna, yaitu Ms Word, Ms Excel, Ms Power Point, Ms Access, Ms Outlook, dan Ms Publisher. Sedangkan aplikasi bisnis yang berjalan pada Linux antara lain Star Office dan KOffice.
· Aplikasi untuk hiburan dan entertainment kita kenal dengan Windows Media Player, Jet Audio, XingMPEG, dan sebagainya.
· Aplikasi untuk komunikasi, kita kenal dengan MiRC, Ms Netmeeting, Ms Outlook Express, ICQ, dan sebagainya.
· Aplikasi grafis dan multimedia Aplikasi grafis dan multimedia, kita mengenal Adobe Photoshop, CorelDraw, Macromedia Freehand, ACDSee, dan sebagainya.
· Aplikasi teknik (CAD/CAM), kita kenal Ms Visio, AutoCAD, dan sebagainya.
· Aplikasi untuk utility dan anti virus, kita mengenal Norton Utility, Norton Antivirus, McAfee Virus Scan, dan sebagainya.
· Aplikasi untuk pemrograman komputer kita kenal Visual Basic, Delphi, C++, dan sebagainya.
· Aplikasi server Aplikasi server, kita kenal Ms Personal Web Server, IIS untuk Win NT dan Win 2000, Ms Exchange untuk mail server, Apache Web Server, dan sebagainya.

c. Driver Hardware
Driver hardware atau lebih dikenal sebagai driver, adalah aplikasi yang dibuat untuk membuat hardware dapat berkomunikasi dengan sistem operasi. Driver dibuat oleh produsen pembuat hardware. Misalnya perusahaan pembuat printer, mereka tidak hanya membuat printer saja, tapi sekaligus membuat driver untuk printer-printer produksi mereka. Setiap hardware yang dijual, selalu disertai dengan driver buatan pabriknya. Tanpa driver, sebuah hardware tidak dapat dikontrol dari PC.