Pengertian Sistem Informasi [Lengkap]

Sebagai blog anti gagap teknologi, kami merasa berkewajiban untuk membeberkan pengertian Sistem Informasi yang dicari oleh lebih dari 4000 netter setiap bulan. Terminologi ‘sistem informasi’ atau biasa disingkat SI banyak digunakan pada berbagai hal, terutama sebagai salah satu jurusan dalam ilmu komputer (baca : sistem informatika).

Pengertian Sistem Informasi

Secara garis besar, Sistem Informasi merupakan gabungan dari tehnologi informasi serta kegiatan orang yang memakai teknologi itu untuk mensupport operasi serta manajemen. Dalam makna yang amat luas, arti sistem informasi yang kerap dipakai mengacu pada hubungan antara orang, sistem algoritmik, data, serta teknologi. Dalam pengertian ini, istilah tersebut dipakai untuk mengacu bukan cuma pada pemakaian organisasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), namun juga untuk cara dimana orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam mensupport proses bisnis.

Pengertian Sistem Informasi
Sistem informasi adalah paduan yang terorganisasi dari manusia, piranti lunak, piranti keras, jaringan komunikasi serta sumber data dalam menghimpun, merubah, serta menyebarkan informasi dalam organisasi.

Sistem informasi juga adalah suatu sistem didalam satu organisasi yang mempertemukan keperluan pemrosesan transaksi harian, mensupport operasi, berbentuk manajerial serta aktivitas strategi dari satu organisasi serta menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang dibutuhkan.

Menurut ahli SI John F. Nash, SI adalah “kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang bermaksud menata jaringan komunikasi yang penting, proses atas transaksi-transaksi tertentu dan rutin, membantu manajemen dan pemakai intern dan ekstern dan menyediakan dasar pengambilan keputusan yang tepat.”

Kategori Sistem Informasi
Dalam perkembangannya, sistem informasi mengalami pemilahan berdasarkan cara kerja dan fungsinya. Berikut 4 kategori SI yang dikenal :
Sistem Informasi Manajemen
Sistem Pendukung Keputusan
Sistem Informasi Eksekutif
Sistem Pemrosesan Transaksi

Keuntungan Menggunakan Sistem Informasi
Diantara sekian banyak keuntungan yang diberikan, berikut beberapa hal yang terpenting :
– Transaksi menjadi lebih cepat & akurat.
– Kapasitas storage lebih besar & akses jauh lebih cepat.
– Mengurangi informasi yang terlalu berlimpah.
– Alat pendukung pengambilan keputusan.

Semoga bermanfaat!

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part