Pengertian SEO (Search Engine Optimization)

Jika Anda kerap berselancar di dunia maya atau bersinggungan dengan dunia IM (internet marketing) dan para webmaster (pembuat web/blog), maka Anda pasti sering mendengar istilah SEO (search engine optimization) yang diperlakukan seolah sebagai sebuah jurus maut dan ilmu pamungkas yang harus diterapkan. Nah, bagi yang belum mengetahui apakah sebenarnya SEO itu, pada post ini kita akan membahasnya secara lengkap.

pengertian seo

Pengertian SEO
SEO merupakan singkatan dari search engine optimization, atau optimasi mesin pencari. Mesin pencari yang dimaksud bisa macam-macam, meliputi Google, Yahoo, Bing, dan lain sebagainya. Tujuan dari SEO adalah mengoptimalisasi sebuah konten pada sebuah blog/website agar muncul di halaman awal mesin pencari, lebih atas lebih baik.

Mesin pencari, seperti yang kita semua tahu, merupakan salah satu ‘saluran’ terbesar bagi orang yang berselancar di dunia maya. 95% netter melakukan pencarian melalui mesin pencari untuk hal-hal yang ingin ditemukannya.

Bahkan, sekitar 5-7 tahun lalu, mesin pencari (misal Google) kerap dimasukkan pada list ‘daftar pustaka’ karena orang menganggap menemukan informasi yang dicarinya melalui Google. Padahal, mesin pencari hanyalah sebuah alat/mesin yang kita gunakan untuk menemukan sebuah informasi yang sedang dicari. Tanpa mesin pencari, tak terbayangkan betapa sulitnya mencari sesuatu, bukan?

Dengan fakta diatas, memiliki sebuah blog atau website yang muncul di halaman-halaman awal mesin pencari merupakan sebuah anugrah. Semakin atas posisi sebuah blog, semakin besar pula peluang orang untuk mengaksesnya. Dan di dunia IM, prinsip yang berlaku adalah semakin banyak traffik, semakin banyak pula yang bisa dihasilkan.

Tanpa pengunjung, sebagus dan seindah apapun sebuah blog akan percuma.

Mengapa SEO?
SEO menjadi primadona karena berbagai macam alasan. Salah satu yang terpenting bahwa mendatangkan traffik dari metode SEO adalah gratis. Di sisi lain, SEO relatif mudah untuk diterapkan. Bandingkan dengan biaya pemasangan iklan untuk mendatangkan visitor yang akan menguras kantong Anda.

Jenis-jenis SEO
Pada umumnya, SEO terdiri dari 2 macam, yaitu SEO on-page dan SEO off-page. Dua macam SEO ini dapat diterapkan secara bersamaan. Membahas keduanya, mungkin bahasan kita akan sangat panjang. Yang jelas, kedua metode tersebut dimaksudkan agar sebuah blog/website ‘disukai’ oleh mesin pencari sehingga posisinya bagus pada hasil pencarian ‘kata kunci’ yang diinginkan.

Kesimpulan
Sanpai disini, seharusnya Anda sudah tahu pengertian SEO, bukan? Jika sudah, Anda bisa mendalami SEO melalui berbagai sumber yang tersedia di internet. SEO yang terlihat mudah memiliki sisi kompleks yang harus didalami secara serius. Prinsip yang berlaku pada SEO adalah semakin sulit dan ketat persaingan sebuah kata kunci, maka semakin hebat juga teknik SEO yang harus dilakukan.

Semoga mencerahkan!

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part