Pengertian & Seluk Beluk XML

Bagi pembuat web dan orang yang terjun di ‘lapangan’ online, istilah atau ekstensi XML mungkin sudah sangat akrab di telinga. XML cukup penting dan diperhitungkan layaknya ekstensi lainnya seperti asp, php dan html. Nah, kita akan mengulas mengenai XML pada posting kali ini agar Anda lebih mengenalinya.

Pengertian & Seluk Beluk XML

Pengertian XML
XML (Extensible Markup Language) merupakan bahasa markup bagi kebutuhan umum yang direkomendasikan oleh W3C untuk membuat dokumen markup bagi kebutuhan pertukaran data antar system yang berbagai macam. XML adalah lanjutan dari HTML (HyperText Markup Language) yang disebut bhs standard untuk menelusur Internet. Teknologi XML merupakan tehnologi keturunan dari SGML (Standard Generalized Markup Language, ISO 8879) yang di kembangkan pada th. 1980-an. XML merupakan suatu bahasa Markup, yakni bhs yang berisikan kode-kode berbentuk tanda-tanda tertentu dengan ketentuan spesifik untuk memformat dokumen teks dengan tag sendiri supaya bisa dipahami. XML adalah language untuk mengidentifikasi serta menandai data terstruktur.

Artikel berhubungan:  Pengertian Regression Testing

Tipe-Tipe XML
1. XML, merupakan standar format dari struktur berkas (file).
2. XSL, merupakan standar untuk memodifikasi data yang diimpor atau diekspor.
3. XSD, merupakan standar yang mendefinisikan struktur database dalam XML.

5 Kelebihan XML
1. Pandai (Intelligence). XML bisa mengatasi beragam tingkat (level) kompleksitas.
2. Bisa menyesuaikan. Bisa mengadaptasi untuk membuat bahasa sendiri. Seperti Microsoft membuaat bahasa MSXML atau Macromedia mengembangkan MXML.
3. Gampang pemeliharaannya.
4. Simpel. XML lebih simpel.
5. Gampang dipindah-pindahkan (Portability). XML memiliki kemudahan perpindahan (portabilitas) yang lebih bagus dibandingkan bahasa lain.