Seputar Tekno

Pengertian Rekber & Cara Kerjanya

RekBer merupakan singkatan dari Rekening Bersama. Maksudnya bukanlah rekening yang dimiliki atau digunakan secara bersama-sama, melainkan sebagai rekening yang digunakan dalam proses jual-beli yang terjadi di dunia maya. Rekber merupakan pihak ketiga yang bertugas sebagai mediator antara penjual dan pembeli yang melakukan transaksi melalui internet.

pengertian rekber

Pengertian Rekber
Mirip dengan prinsip yang terjadi pada sistem Escrow Payment, pada sistem rekber terjadi kesepakatan antara penjual dan pembeli untuk menggunakan jasa pihak ketiga sebagai tempat membayar dan menerima pembayaran.

Rekber merupakan cara pembayaran dengan melibatkan pihak ketiga yang memiliki karakteristik independen, terpercaya dan bersikap netral. Untuk pekerjaan tersebut, rekber biasanya membebankan sejumlah fee dan biaya jasa yang dibebankan pada setiap transaksi. Meski demikian, dengan alasan lain, belakangan ada banyak sekali jasa rekber yang bersifat gratis.

Cara Kerja Rekber
Ketika pembeli ingin membeli barang dari seorang penjual, maka pembeli dapat memilih opsi pembayaran melalui jasa rekber dengan memberitahukannya kepada penjual. Kedua pihak harus sepakat dan setuju untuk menggunakan jasa rekber yang dapat dipilih oleh pembeli atau ditentukan oleh penjual. Seluruh biaya jasa yang terjadi atau ketentuan lain juga harus disepakati sejak awal.

Selanjutnya, pembeli akan memberitahukan transaksi tersbeut kepada rekber. Dana pembelian akan dikirimkan ke rekening rekber. Jika sudah, rekber akan melakukan validasi. Setelah dana memang betul telah diterima, maka rekber akan melakukan pemberitahuan kepada penjual untuk mengirimkan barang dagangannya.

Ketika barang sampai di tangan pembeli tanpa masalah, maka pembeli akan melakukan konfirmasi kepada rekber. Konfirmasi tersebut sekaligus juga merupakan perintah agar dana diteruskan kepada penjual. Ketika penjual menerima dana dari rekber, secara otomatis transaksi dinyatakan selesai.

Artikel menarik:  Pengertian Bahasa Pemrograman

Berikut skema kerja rekber yang dapat Anda simak agar lebih mengerti :

skema rekber

(sumber gambar : rekber blackpanda)

Keberadaan Rekber
Rekber sudah eksis sejak beberapa tahun lalu, utamanya digunakan secara masif di forum kaskus. Siapa pun dapat membuat jasa rekber meski tak semua jasa rekber akan digunakan oleh penjual dan pembeli. Beberapa kasus kejahatan dan penipuan internet bermodus pernah terjadi beberapa kali sehingga belakangan reputasi adalah faktor yang paling diperhatikan dari sebuah rekber.

Beberapa jasa rekber yang paling terkenal :
– Sanbank (kaskus)
– Piggybank (kaskus)
– Blackpanda (kaskus)
– Inapay (umum)
– dll

Keuntungan Menggunakan Rekber
Fungsi utama dari rekber adalah untuk meminimalisir penipuan dan membuat proses jual-beli menjadi lebih nyaman dan aman. Rekber merupakan opsi cara pembayaran yang harus ditempuh apabila seller (penjual) sama sekali tidak memiliki reputasi, menjual barang dengan harga terlalu murah atau memiliki indikasi mencurigakan meski hanya 1% saja.

Untuk menggunakan jasa rekber, Anda dapat mencarinya melalui kaskus atau mesin pencari Google. Perhatikan bahwa setiap rekber memiliki aturan main sendiri sehingga Anda harus selalu membaca seluruh ketentuan yang tercantum dalam jasa rekber yang bersangkutan.

Semoga mencerahkan!