Pengertian Proxy Itu Adalah …

Sejak diberlakukannya site-blocking atas situs-situs yang mengandung pornografi, SARA, perjudian, penghinaan dan lain sebagainya oleh pemerintah Indonesia, terminologi “proxy” menjadi makin populer di kalangan pengguna internet. Secara praktis, proxy dapat digunakan untuk membuka seluruh website yang diblok. Enaknya lagi, sebagian besar proxy itu gratis dan dapat digunakan sesuka hati.

Pengertian Proxy
Proxy, sering disebut “proxy server”, adalah suatu server berwujud ip address atau web yang menyediakan layanan untuk meneruskan setiap permintaan akses kepada server lain di internet. Proxy berfungsi sebagai perantara, sehingga identitas asli penjelajah (user) tidak diketahui ketika sedang mengakses sebuah situs. Anda dapat terlacak sebagai pengguna yang berasal dari Amerika Serikat meski sebetulnya mengakses website dari Indonesia.

pengertian proxy

Dengan demikian, proxy dapat digunakan untuk mengakses sebuah situs yang diblok, atau menyamarkan identitas penggunanya. Sejak jaman dulu, proxy merupakan salah satu ‘senjata’ yang digunakan oleh para hacker maupun carder yang ada di internet ketika melakukan aksinya.

Prinsip kerja proxy adalah dengan merubah topologi jaringan. Seluruh permintaan melalui proxy tidak langsung menuju server yang diinginkan, melainkan menuju server proxy terlebih dahulu sebelum diteruskan.

Ragam Proxy
Ada berbagai macam tipe proxy yang dikenal, dua diantaranya yang paling populer adalah proxy list dan web proxy. Berikut penjelasannya :
1. Web Proxy – Web proxy sangat populer dan paling mudah digunakan. Salah satu contoh web proxy paling terkenal adalah hidemyass.com. Dengan menggunakan web proxy, maka user hanya tinggal memasukkan alamat yang ingin dibuka melalui form masukkan. Selanjutnya, web akan secara otomatis membuka web tersebut pada layar. Sayangnya, belakangan web-proxy juga ikut-ikutan diblok oleh pihak yang berwenang. Meski demikian, tak kurang dari 100 web proxy baru hadir setiap hari yang dapat digunakan sebelum diblok.

hidemyass

Untuk menemukan web proxy, Anda dapat mencarinya melalui Google dengan mengetik kata kunci “free web proxy”.

2. Proxy List – Ada yang sifatnya gratis, ada yang berbayar. Salah satu web penyedia proxy list paling terkemuka adalah spys.ru. Untuk menggunakannya, user dapat memilih salah satu proxy yang berbentuk ip. Kemudian user tinggal memasukkannya ke browser yang digunakan. Pada Mozilla Firefox, menu tersebut dapat ditemukan di :

Baca Juga :  HTML Editor Terbaik

Tools > Options > Advanced > Network > Settings
Selanjutnya pilih “manual proxy configuration” kemudian masukkan proxy list beserta portnya.

Proxy list yang paling enak digunakkan biasanya berasal dari negara seperti US dan Russia. Sementara port yang sebaiknya dipilih adlaah 80, 8080, 3128.

IP Proxy memiliki masa pakai, artinya tidak semua list yang ditampilkan selalu dapat digunakan. User harus pintar dan rajin ketika ingin menggunakannya. Jika satu ip tak lagi bisa digunakan, silahkan cari ip lain dan coba kembali.

Tipe Proxy
Proxy list sendiri memiliki beberapa tipe, seperti anonymous, highly anonymous, transparent dan lain sebagainya. Anda tidak perlu kuatir harus mempelajarinya lebih dalam jika hanya ingin menggunakannya hanya sebatas browsing saja.

Agar lebih mudah, berikut beberapa kriteria proxy list yang sebaiknya dipilih :
Negara : US, Russia, China
Port : 8080, 80, 3128
Anonymity : NOA, ANM
Proxy Type : http

Premium Proxy & Socks
Untuk penggunaan tingkat mahir dan keperluan spesifik lainnya, tersedia proxy premium dan socks yang dijual di internet. Anda dapat berlangganan proxy list atau membeli proxy list sejumlah tertentu. Ada banyak sekali penjual proxy di internet yang dapat Anda temukan dengan mudah melalui mesin pencari Google.

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part