Pengertian Program Affiliasi Online

Secara mendasar, affiliasi memiliki pengertiannya yang umum, yaitu sebuah keadaan yang berassosiasi atau terhubung atau terkoneksi, baik sebagai anggota, cabang, bagian atau sub dari suatu badan. Terminologi ini kemudian dikembangkan menjadi affiliate marketing yang merupakan model penjualan berbasis performance, dimana pemilik bisnis (merchant) memberikan komisi untuk setiap transaksi yang dilakukan atas rekomendasi affiliasi melalui usahanya sendiri.

Pengertian Program Affiliasi Online

Di internet, istilah affiliate marketing menggambarkan sebuah sistem jual-beli dan rekomendasi produk tanpa adanya tatap muka secara langsung. Seluruh proses transaksi dari awal hingga akhir dilakukan oleh merchant, affiliater dan pembeli melalui sarana internet menggunakan mesin script affiliasi yang berjalan secara otomatis.

Berikut beberapa istilah yang dikenal dalam dunia affiliate marketing online :
Program affiliasi : program penjualan yang dibuat oleh sebuah pemilik bisnis untuk orang yang bergabung untuk turut serta menjual produk miliknya. Dalam setiap program affiliasi, pemilik bisnis akan menetapkan besaran komisi sejak awal. Besarnya komisi dari setiap program affiliasi sangat beragam, bisa ditetapkan berdasarkan persen, kuantitas atau komisi tetap.

Affiliater : pihak yang bergabung dalam program affiliasi untuk merekomendasikan produk yang tersedia dalam program affiliasi kepada pembeli.

Affiliate Network : pihak ketiga yang mempertemukan pemilik bisnis dengan affiliater dalam sebuah wadah. Affiliate network biasanya memberikan sistem affiliasi yang dapat digunakan oleh kedua belah pihak, merchant dan affiliater secara bersama-sama. Untuk hal tersebut, biasanya affiliate network membebankan fee atau biaya pendaftaran kepada merchant yang bergabung.

Baca Juga :  Apa Itu Komunikasi Data?

Merchant : pihak pertama, yaitu pemilik bisnis yang mengadakan program affiliasi atas produk yang dimilikinya. Merchant dapat membangun program affiliasi mandiri miliknya sendiri atau bergabung dengan affiliate network, atau menjalankan kedua hal tersebut secara bersamaan untuk mendapatkan affiliater yang lebih banyak. Kadangkala merchant juga disebut sebagai advertiser.

Produk : benda fisik, retail atau produk digital yang dibuat dan dimiliki oleh merchant. Hampir seluruh produk bisa dijual menggunakan sistem affiliasi disamping dijual langsung oleh merchant.

Program affiliasi online yang pada awalnya berjalan dengan sangat sederhana melalui PC Flowers & Gifts di tahun 1994, lambat laun berkembang ke segala arah marketing yang bisa dijangkaunya. Tak hanya sebatas penjualan produk fisik semata, program affiliasi juga diterapkan pada ratusan ribu produk digital dan servis online hingga komisi affiliasi yang diberikan untuk setiap pendaftaran cuma-cuma yang direkomendasikan (baca : pay per lead).

Next, kita akan membahas 5 program affiliasi terbesar di internet.

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part