Seputar Tekno

Pengertian PHP (Hypertext Preprocessor)

PHP yang akan kita bahas kali ini adalah Hypertext Preprocessor, bukan PHP si pemberi harapan palsu ya … Seperti yang kita tahu, PHP merupakan istilah yang digunakan dalam ranah teknologi khususnya scripting. Bagi Anda yang bergelut dengan dunia programmer tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. PHP dulunya merupakan singkatan dari Personal Home Page, tapi diubah menjadi Hypertext Preprocessor.

Pengertian PHP

PHP merupakan bahasa scripting yang digunakan di berbagai web atau ada dalam HTML. PHP digunakan secara luas oleh programmer untuk membuat web. Pada perkembangannya, PHP tidak hanya bisa digunakan untuk membuat web saja tapi juga bisa digunakan untuk membuat aplikasi-aplikasi berbasis desktop komputer.

Pengertian PHP
PHP mulai dikembangkan tahun 1995 oleh programmer yang bernama Ramus Lerdorf. Pada awalnya Ramus hanya menggunakan HP untuk menghitung jumlah pengunjung web yang dibuatnya. PHP pertama ini berupa sekumpulan script yang digunakan untuk mengolah web miliknya pribadi. Saat itu, kumpulan script tersebut belum diberi nama PHP melainkan FI singkatan dari Form Interpreted. Dari sini, Remus mulai mengembangkan FI dengan menciptakan PHP yang masih berupa Personal Home Page. Pada tahun 1995, Remus mengeluarkan PHP versi pertamanya yaitu PHP versi 1.0. PHP versi ini diberikan secara gratis.

PHP versi 1.0 merupakan kumpulan script PERL yang dibuat untuk menjadikan halaman web lebih dinamis. Di tahun yang sama Remus mulai merilis kode sumber pada PHP versi 1.0 untuk umum. Remus menamakan kode sumber ini dengan PHP/FI yang merupakan singkatan dari Hypertext Preprocessing/Form Interpreted. Dari sinilah PHP yang tadinya singkatan Personal Home Page menjadi Hypertext Preprocessing. Dengan perubahan ini banyak programmer tertarik untuk mengembangkan PHP. Pada tahun 1996 Remus kembali mengeluarkan PHP versi yang terbaru yaitu versi 2.0. Versi baru ini mempunyai kemampuan yang lebih tinggi dibandingkan dengan versi yang sebelumnya. PHP versi 2.0 ini sudah bisa digunakan untuk mengakses database dan juga telah terintegrasi atau terhubung dengan HTML.

Artikel menarik:  Mengulik Software Edit Photo Meitu

Tahun 1998, Remus dan tim kembali mengeluarkan PHP dengan versi terbarunya yaitu versi 3.0, PHP versi ini dikeluarkan tepat pada tanggal 6 Juni 1998. Pada tahun 2000 keluar lagi PHP versi 4.0. PHP versi 4.0 inilah yang banyak digunakan oleh para programmer masa kini. Pada versi ini PHP sudah dapat digunakan untuk membangun web yang lebih kompleks tapi masih mempunyai kecepatan yang stabil. Pada Juni 2004 dikembangkan lagi menjadi versi 5.0, versi ini berorientasi pada objek. Dari awal kemunculannya sampai sekarang Php masih gratis.

Saat tulisan ini dibuat, versi paling anyar dari PHP adalah versi 5.6 yang dirilis pada 28 August 2014. Versi selanjutnya, yakni versi 7.0 rencananya akan dirilis pada pertengahan October 2015 mendatang.

Semoga bermanfaat!