Pengertian Personal URL

Banyak situs web yang memberikan pelayanan terhadap komunitas online yang memperbolehkan Anda untuk membuat Personal URL milik Anda sendiri di dalam situs web tersebut. URL unik ini biasanya berfungsi sebagai alamat web dari halaman profil Anda dan dapat dibagikan dan di-bookmark oleh para pengguna lain.

Pengertian Personal URL

Beberapa contoh dari situs web yang menyediakan fitur pembuatan Personal URL antara lain situs-situs jejaring sosial seperti Facebook, situs photo sharing Flickr, dan berbagai forum web. Pengguna dapat memilih nama tertentu yang kemudian akan dijadikan bagian dari Personal URL mereka. Sebagai contoh, sebuah Personal URL di Facebook dapat berbentuk “http://www.facebook.com/username”. Penting untuk diingat, bagian username tersebut tidak selalu berupa nama asli, melainkan dapat berupa nama yang dibuat-buat sendiri oleh pengguna.

Jika Anda memiliki sebuah akun dari situs web yang mengizinkan Anda membuat Personal URL, tetapi belum membuatnya, maka alamat web dari halaman profil Anda mungkin masih berisi suatu ID unik alih-alih username. Misal, sebuah alamat web profil Facebook seseorang yang belum menentukan username atau Personal URL dapat berbentuk “http://www.facebook.com/profile.php?id=0987654321”.

Artikel berhubungan:  Perbedaan Router & Switch

Karena username biasanya jauh lebih mudah untuk diingat daripada sederetan angka, memilih username sendiri sangat direkomendasikan. Pada saat Anda memilih Personal URL untuk akun Facebook atau pun situs web lain, pastikan bahwa Anda memilih suatu nama yang benar-benar Anda sukai, sebab Anda mungkin tidak akan dapat mengubahnya lagi di kemudian hari.

Personal URL juga sering disebut purls, Personalized URLs, atau custom web addresses. Bagaimana pun juga, mereka berbeda dengan Personal Home Pages, yang dibuat dan dipublikasikan di situs web yang dimiliki oleh si pengguna itu sendiri.