Pengertian Paypal : Arti & Seluk-Beluknya

Pada dasarnya, Paypal tidak memiliki pengertian sebab kata ‘paypal’ sendiri merujuk pada sebuah merek atau perusahaan penyedia jasa lalu-lintas pembayaran berbasis e-commerce, sama halnya seperti Google atau Yahoo! (yang juga tidak memiliki arti harafiah). Lebih tepat, paypal adalah alat pembayaran untuk barang atau jasa yang tersedia secara online melalui internet.

Saat ini, Paypal yang sejak 2002 dimiliki oleh eBay merupakan alat pembayaran yang paling populer di dunia maya. Sebagian besar vendor, website jual beli, lelang dan lain sebagainya menggunakan paypal sebagai alat pembayaran yang disandingkan dengan aternatif pembayaran elektronik atau konvensional lainnya.

Pengertian Paypal
Menurut wikipedia, Paypal adalah bisnis global e-commerce yang menyediakan metode pembayaran atau transfer uang yang dilakukan via internet. Jasa transfer uang secara online adalah alternatif dari cara pembayaran tradisional seperti uang cash, cek dan lainnya.

pengertian paypal1

Dengan menggunakan paypal, user tidak perlu mengisikan kartu kredit setiap kali berbelanja atau melakukan pembayaran. Akun paypal berwujud alamat email, sehingga ketika hendak mengirim atau menerima pembayaran, maka alamat yang perlu diberitahukan adalah alamat email yang sudah teregistrasi di situs paypal.

Mengapa Anda perlu memiliki Paypal?
Bukan berita baru jika paypal adalah metode pembayaran yang paling umum bagi para ‘netpreuner’ (istilah untuk orang yang mencari uang melalui internet), baik itu dari berbagai network affiliasi, cpa, ppc, dan lain sebagainya.

Sama seperti rekening bank konvensional, Anda membutuhkan akun paypal jika ingin melakukan transaksi melalui internet seperti membayar atau menerima sejumlah dana dari dan ke pihak lain. Bedanya, paypal bukanlah sarana untuk menabung karena tidak ada sistem bunga. Untuk melakukan pencairan dana ke rekening bank, Anda dapat menggunakan menu ‘withdraw’ yang ada di dalam akun Anda.

Kelebihan Paypal
Aman – Paypal terbukti aman digunakan. Kredibilitasnya hampir tidak dapat diragukan lagi. Sistem pembayaran paypal juga mengenal istilah ‘payment protection’ dan ‘dispute’ dimana user dapat melakukan claim atas pembayaran kepada pihak yang tidak bertanggungjawab.
Cepat – Anda da[at melakukan pembayaran transaksi hanya dalam hitungan detik. Dengan sistem web-based, paypal dapat diakses dimana saja, kapan saja 24 jam sehari.
Ringkas – Satu dompet untuk seluruh kartu kredit Anda dapat terwujud dengan akun paypal. Paypal sungguh ringkas dan effisien ketika digunakan.

Artikel berhubungan:  Waspada Dengan Paket Internet Mobile Murah

Kekurangan Paypal
Fee Mahal – Ada harga ada barang. Demikian juga dengan paypal. Sebagai cara pembayaran e-commerce, paypal menarik keuntungan dengan membebankan biaya-biaya tertentu ketika transaksi terjadi. Besarnya biaya bervariasi dan terjadi untuk hampir seluruh transaksi. Untuk nilai transaksi yang besar, sistem prosentasi biaya yang diterapkan terbilang cukup memberatkan.
Fraud – Sejak tahun 2001, paypal memiliki masalah dengan ‘online fraud’ dimana serangan hacker dapat merampas sebuah akun paypal milik orang lain untuk disalahgunakan. Ada pula beberapa kalangan yang anti-paypal karena aturan main paypal yang tidak objektif dan kerap memenangkan sebuah perkara (dispute) atas pihak yang seharusnya kalah. Meski demikian, hampir sebagian besar pengguna paypal tidak merasakan dampak tersebut dan masih nyaman dengan paypalnya.

Paypal Alternatif
Tidak ada monopoli dalam bisnis apa pun. Besarnya ‘donut’ e-commerce telah melahirkan banyak sekali alat pembayaran alternatif yang dapat digunakan untuk menggantikan paypal. Beberapa nama yang cukup nyaring terdengar antara lain alertpay (berubah menjadi payza), moneybookers, bit-coins, webmoney, perfectmoney, dan lain sebagainya.

Kesimpulan
Berbagai benefit bisa diperoleh dengan memiliki akun paypal. Bahkan bagi sebagian kalangan ‘kuli online’ dan tukang belanja, paypal adalah sesuatu yang wajib dimiliki. Membuat akun paypal cukup mudah, terutama bila Anda memiliki kartu kredit. Jika tidak punya, tak perlu kuatri, sebab Anda tetap dapat membuatnya dengan menggunakan VCC atau virtual credit card.

Paypal dapat diakses di alamat paypal.com