Seputar Tekno

Pengertian Page Fault

Pernah dengar istilah “page fault”? Mungkin ya, terutama jika Anda baru berkecimpung di dunia programming. Page fault sering terjadi dalam interaksi suatu program aplikasi dengan sistem operasi. Jadi, apa itu page fault?

Pengertian Page Fault

Page fault adalah pesan dari sebuah program yang sedang berlangsung yang terjadi ketika sang program mencoba mengakses suatu blok memori yang tidak disimpan di memori fisik atau RAM. Fault atau kesalahan tersebut memberitahukan kepada sistem operasi bahwa si sistem operasi harus mencari data itu di memori virtual, kemudian mentransfernya dari perangkat penyimpanan, seperti HDD atau SSD, ke RAM sistem.

Meskipun istilah page fault terdengar seperti suatu pesan error, page fault adalah hal biasa dan merupakan bagian dari mekanisme normal sistem komputer berinteraksi dengan memori virtual. Di dunia programming, sebuah page fault menciptakan suatu pengecualian (exception) yang melaporkan pada sistem operasi bahwa sistem operasi harus mengambil blok memori tertentu dari memori virtual agar program yang sedang berjalan dapat dilanjutkan. Begitu data dimasukkan ke memori fisik, program berlanjut secara normal. Keseluruhan proses ini berlangsung di background dan tanpa disadari oleh pengguna.

Kebanyakan page fault dapat diatasi tanpa masalah. Namun, sebuah page fault yang invalid dapat menyebabkan program hang atau crash. Invalid page fault terjadi ketika sebuah program mencoba mengakses alamat memori yang tidak ada. Beberapa program dapat mengatasi invalid page fault secara otomatis dengan mencari alamat memori baru dan memindahkan datanya ke sana. Akan tetapi, jika sang program tidak mampu mengatasi masalah invalid page fault yang sedang berlangsung, masalah tersebut akan diserahkan kepada sistem operasi, kemudian sistem operasi akan menghentikan proses. Sebagai akibat, program akan mati secara mendadak.

Artikel menarik:  Mengenal Layar Bezel-less beserta Kelebihan & Kekurangannya

Meskipun page fault merupakan hal biasa ketika berurusan dengan memori virtual, setiap page fault membutuhkan transfer data dari memori sekunder ke memori primer. Walau proses ini mungkin hanya butuh beberapa milisekon, waktu tersebut masih beribu-ribu kali lebih lambat daripada akses data secara langsung dari memori fisik. Sehingga, menambahkan memori sistem (RAM) dapat meningkatkan performa sistem komputer Anda, sebab sistem komputer tidak perlu mengakses memori virtual terlalu sering.

Semoga bermanfaat!