Pengertian Optical Disk

Bagi Sobat Gaptex yang hobi menonton musik atau video pasti sudah tahu dengan yang namanya DVD atau CD. Keduanya berfungsi sebagai penyimpanan data dengan kapasitas yang lumayan besar. DVD maupun CD juga termasuk ke dalam jenis Optical Disk. Lantas apa pengertian dari Optical Disk sendiri?

Pengertian Optical Disk

Optical Disk adalah media penyimpanan data yang menggunakan sinar laser atau gelombang elektromagnetik untuk melakukan pembacaan dan penulisan datanya. Sementara optical disk drive merupakan perangkat yang dapat membaca data dari Optical Disk maupun menuliskan data ke optical disk. Adapun jenis-jenis optical disk yang sering digunakan adalah:

1. CD
CD atau Compact Disc adalah jenis piringan optik yang muncul pertama kali. Pembacaan dan penulisan data pada piringan melalui laser. Disk ini berbentu lingkaran berdiameter 120 mm dan memiliki lubang ditengahnya. Kapasitas penyimpanan CD cukup kecil sehingga hanya mampu menyimpan data terbatas. Contohnya CD-ROM, CD-R, dan CD-RW.

2. DVD
DVD atau Digital Video Disc merupakan pengembangan dari CD. Bentuknya sama dengan CD namun kapasitasnya jauh lebih besar dari CD, bahkan DVD ada yang memiliki kapasitas sebesar 17 GB. Jenis DVD terbagi lagi menjadi DVD-R, DVD-RW, dan DVD-D. Sedangkan kemampuan DVD bisa dilihat dari jenisnya, yakni:

Artikel berhubungan:  Apa itu NetCut?

Single Layer > Single-side, kapasitas 4,7 GB
Single Layer > Double-side, kapasitas 8,5 GB
Double Layer > Single-sided, kapasitas 9,4 GB
Double Layer > Double-sided, kapasitas 17 GB

3. Blu-Ray
Teknologi Blu-ray merupakan format optical disk yang menjadi pengembangan dari CD dan DVD. Kelebihan dari blu-ray sendiri ialah di bagian kapasitas lapisan side blu-ray disk-nya yang mana lebih besar 35x dari CD dan 5x dari DVD. Kapasitas blu-ray disk dual layer mempunyai kemampuan menyimpan data hingga 50 GB per kepingnya.

4. FM Disc
FM Disc atau Fluorescent Multilayer adalah jenis optical disk yag dapat menampung hingga 140 GB data sekaligus, dengan kecepatan baca data hingga 1 GB per detik. FM Disc agak berbeda dengan kepingan yang beredar saat ini karena warnanya bening seperti plastik transparan biasa.