Pengertian Operating System (OS)

Saat Anda ingin membeli sebuah perangkat smartphone atau notebook, pasti sering mendengar kata Sistem Operasi. Sistem Operasi atau sering disebut OS merupakan salah satu hal yang harus dipelajari sebagai informasi dasar teknologi informasi. Sistem Operasi atau dalam bahasa Inggrisnya operating system adalah perangkat lunak sistem yang bertanggung jawab untuk mengatur sumber daya antara perangkat keras dan perangkat lunak. Tanpa Sistem Operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada smartphone atau laptop kecuali dalam program booting.

Pengertian Operating System (OS)

Salah satu contoh dari Sistem Operasi terkenal adalah Android, iOS, Linux, Mac OS X dan Microsoft Windows. Sistem Operasi memiliki jadwal yang sistematis mencakup perhitungan dalam penggunaan memori, penyimpanan data, pemrosesan data dan sumber daya lainnya. Kemudian untuk fungsi-fungsi perangkat keras sebagai masukan dan keluaran dari alokasi memori, sistem operasi berlaku sebagai perantara antara program aplikasi dan perangkat keras komputer. Sistem Operasi juga mudah ditemukan pada hampir semua perangkat yang berisi dari ponsel maupun komputer dan konsol permainan video.

Secara umum, Sistem Operasi dibagi dari beberapa bagian seperti:
· Mekanisme Boot, untuk meletakkan kernel ke dalam memory
· Kernel, inti dari sebuah Sistem operasi
· Command Interpreter atau shell, bertugas membaca input dari pengguna
· Pustaka-pustaka, untuk menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar saat dipanggil oleh aplikasi lain
· Driver, sebagai perantara dan pengontrol antara interaksi dengan hardware eksternal

Artikel menarik:  Tips Merawat Charger Laptop Supaya Awet

Sebagian besar Sistem Operasi hanya memberikan satu aplikasi saja yang berjalan pada satu waktu seperti DOS, tetapi ada pula Sistem Operasi yang baru mengizinkan beberapa aplikasi berjalan secara simultan pada waktu bersamaan yang sering disebut Multi-tasking Operating System, contohnya UNIX.

Semua file yang tersimpan ke dalam sebuah perangkat juga dilindungi oleh Sistem Operasi dan hanya bisa di akses oleh orang yang berhak mengaksesnya. Sebagai perangkat lunak dalam komputer, Sistem Operasi juga memiliki fungsi-fungsi utama sebagai berikut:
· Sistem Operasi menjalankan operasi dasar pada perangkat
· Sistem Operasi mengatur kerja hardware dan software
· Sistem Operasi merupakan wadah program atau aplikasi
· Sistem Operasi berperan untuk menyajikan tampilan
·Sistem Operasi mengkoordinasi kerja perangkat komputer/smartphone
· Sistem Operasi mengoptimalkan fungsi perangkat
· Sistem Operasi mengawasi dan melindungi jalannya suatu program
· Sistem Operasi memungkinkan sumber daya perangkat digunakan secara efisien