Pengertian Open Source dalam Dunia software

Di zaman yang serba canggih ini, kegunaan internet sangat berguna bagi khalayak ramai. Tidak sedikit Sobat Gaptex yang bergantung pada internet. Internet pula membuat pekerjaan lebih cepat dan juga efisien. Maka dari itu Open Source di dalam dunia software akan sangat berpengaruh di dalam dunia teknologi.

Pengertian Open Source dalam Dunia software

Sebelum itu, kita pastinya mengetahui apa itu software. Perangkat lunak atau software merupakan bagian dari inti yang berperan sebagai sistem pengoperasian pada sebuah komputer atau alat elektronik lainnya. Software pun terikat erat dengan yang namanya lisensi.

Ada banyak macam lisensi software, di antaranya Free Software, Open Source, Freeware, dan lain-lain. Namun yang paling banyak diminati para pengguna alat elektronik ialah Open Source. Maka dari itu, kami akan menjelaskannya lebih lanjut.

Pengertian Open Source ialah istilah yang digunakan untuk perangkat lunak yang berbasis terbuka untuk siapa saja atau membebaskan source kodenya. Para pengguna dapat mengetahui dengan jelas cara kerja software tersebut, selain itu juga dapat mengubah atau memperbaiki sendiri jika ditemukan kelemahan-kelemahan pada software tersebut.

Software Open Source merupakan hasil rapat yang diprakarsai oleh Netscape. Pencetus Open Source adalah Eric S. Raymond, Crhistine Peterson, Todd Anderson, Larry Augustin, Jon Hall dan Sam Ockman dengan pelopornya Richard Stallman pada tahun 1998.

Artikel berhubungan:  iWatch Akan Telat Masuk Pasar

Pada tahun 2004, popularitas Open Source semakin meroket dengan lahirnya Linux yang gratis di tengah merajainya OS Windows yang lebih memilih lisensi close source.

Open Source Software sangat bergantung pada internet. Para pengguna harus mengunduh software tersebut lalu digunakan, diperbaiki dan dikembangkan lagi melalui internet. Awalnya kualitas Open Source di nilai kurang baik dan terkesan asal-asalan, namun karena banyaknya peminat software Open Source serta ditunjang dengan kemudahan untuk mendapatkannya, maka Open Source berkembang pesat menjadi lebih baik.

Contoh dari Open Source software ialah Linux, XAMPP, Mozilla Firefox, OpenOffice, osCommerce, ClamAV & ClamWin, Audacity, GIMP, VideoLAN.

Perlu diperhatikan, meskipun Open Source bersifat bebas bukan berarti bebas sebebas-bebasnya, akan tetapi pengertian bebas yang sebenernya ialah bebas untuk digunakan, dikembangkan, disebarkan ulang dengan mempertanggungjawabkan secara bersama dan tidak menghilangkan hak cipta pembuatnya. Inilah yang menjadi alasan software open source yang tersebar saat ini menjadi lebih berkualitas.