Pengertian OEM Pada Aksesoris Ponsel

Jika Anda ingin membeli aksesoris ponsel entah itu baterai, charger, headset ataupun case pelindung, pasti Anda menanyakan kualitas barang tersebut. Apalagi Anda suka bertanya tentang keaslian barangnya karena sekarang banyak sekali barang palsu beredar. Untuk itu, mungkin Sobat Gaptex harus mengetahui beberapa jenis kualitas barang, khususnya pada aksesoris ponsel. Original. Makudnya barang yang ditawarkan ialah produk ori alias asli. Biasanya barang ori juga diikuti dengan harga yang mahal.

Pengertian OEM Pada Aksesoris Ponsel

KW. Produk KW pastinya bukan produk ori. Harga produk KW biasanya murah meriah karena memang tergantung kualitasnya.
Dan yang ingin kami bahas di sini ialah kualiitas barang OEM atau Original Equipment Manufacturer.
Kebanyakan orang yang tak mengerti tentang kualitas barang sering bilang bahwa OEM dan KW itu sama. Padahal jawabannya tidak dan sangat jelas berbeda. OEM mempunyai kualitas yang sama dengan original, tetapi di jual dengan merek berbeda dan melalui jalur distribusi yang tidak sama.

Masih bingung? Sebagai contohnya:
Perusahaan A membuat produk bernama Splashlite, maka Splashlite dengan kualitas ori dibuat oleh perusahaan A itu sendiri. Namun karena begitu banyak pesanan akan produk Splashlite itu sendiri sampai-sampai Perusahaan A kawalahan, maka A meminta bantuan ke Perusahaan B untuk membantunya. Meskipun begitu, Splashlite tetap menjadi produk Perusahaan A walaupun Perusahaan B menjualnya dengan harga yang lebih murah.

Artikel berhubungan:  Cara Mendaftar Email @pnsmail.go.id Untuk PNS

Sering juga barang OEM disebut barang retail. Perusahaan reseller membeli produk original dalam jumlah besar tanpa kemasan mahal untuk dikemas ulang dan jual. Biasanya OEM banyak dipergunakan oleh industi elektronik seperti laptop, komputer, printer, ponsel dan lainnya.

Jadi Sobat Gaptex tak perlu khawatir bila ingin membeli aksesoris ponsel dengan kualitas OEM karena barangnya merupakan produk original tanpa kemasan mewah seperti produk ori. Karena itu juga alasannya, barang OEM sedikit lebih murah dari barang ori.