Pengertian Niche

Sobat Gaptex, jika Anda kerap mendengar istilah ‘niche’ dan tidak mengetahui pengertiannya, maka Anda berada di tempat yang tepat. Niche atau niche market dalam dunia online marketing adalah sebuah istilah yang mengacu kepada produk atau kategori yang spesifik.

Pengertian Niche

Pemilihan niche berhubungan langsung dengan target pasar, demografi dan kisaran harga. Sebagai contoh, situs Bola.net yang beken di kalangan pecinta olahraga sepakbola memiliki niche spesifik sepakbola. Bola.net tentu saja tidak akan berisi konten yang membahas hal-hal yang sama sekali tidak berhubungan dengan nichenya, seperti otomotif, percintaan dan lain sebagainya.

Niche merupakan sesuatu yang sangat penting dalam dunia internet marketing karena sebuah website sangat sulit untuk menjangkau seluruh topik, kecuali Anda memiliki modal yang sangat besar untuk menghadirkan sumber daya yang memadai. Dengan menentukan niche, pekerjaan akan jauh lebih mudah, terarah, tertarget, fokus dan memiliki nilai konversi yang tinggi.

Dalam memilih niche, tentu saja kita harus berpedoman pada permintaan populasi internet saat ini. Semakin besar jumlah sebuah niche dicari, semakin besar pula peluang kita untuk memperoleh bagian. Sebaliknya, semakin kecil sebuah niche dicari setiap hari, semakin kecil pula peluangnya. Sebagai contoh, niche ‘gadget’ akan memiliki potensi yang lebih besar ketimbang niche ‘perlengkapan travel’.

Baca Juga :  10 Situs Social Bookmark Do-Follow Indonesia

Untuk mengetahui jumlah pencarian niche tertentu setiap hari, Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu. Salah satu tools populer yang dapat digunakan secara gratis adalah “Google Keyword Planner” yang bisa diakses melalui Google Adwords.

Untuk memperdalam niche, Anda bisa mengunjungi sebuah situs berbahasa Inggris yang membahasnya secara intens. Silahkan simak disini.

So, sudah tau kan sekarang pengertian niche?

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part