Pengertian MySQL

MySQL adalah salah satu penerapan teknologi jaringan komputer pada sistem manajemen berbasis data atau RDBMS. User yang menggunakan aplikasi MySQL bisa leluasa dan bebas dalam menjalankannya. Meskipun aplikasi ini didistribusikan secara gratis, tetapi penggunanya tidak diperbolehkan untuk membuat produk turunan dari MySQL untuk dikomersialkan. Software MySQL merupakan turunan terbaru dari produk sebelumnya yaitu SQL.

Pengertian MySQL

Dasar kerjanya sama dengan MySQL, tetapi SQL tidak mempunyai fitur selengkap MySQL. SQL atau Structured Query Language bekerja untuk mengolah data seperti seleksi data dan analisis data lain yang dikerjakan menjadi semakin mudah di MySQL.

Keunggulan aplikasi atau software pengolah data DBMS bisa kita lihat dari cara kerja software tersebut. MySQL cukup optimal dalam menjalankan macam-macam perintah dari pengguna ataupun beberapa aplikasi lain yang mengambil fungsi SQL dalam menjalankan aplikasinya. Saat ini banyak aplikasi berbasis data yang menggunakan fasilitas MySQL dalam program analisis datanya. Mulai dari aplikasi akuntansi maupun software transaksional. Dalam hal penerapan aplikasi berbasis data non-transaksional, MySQL bisa dibilang cukup handal dibanding aplikasi basis data lainnya yang menjadi pesaing utama.

Sedangkan untuk aplikasi analisis berbasis data transaksional lebih baik menggunakan aplikasi yang lebih mumpuni dalam bidang akun transaksional. Karena kecepatan dalam menganalisis data transaksional MySQL kurang reliable sehingga tidak bisa bekerja secara cepat dibanding analisis non-transaksional.

Artikel berhubungan:  9 Situs Jual Beli Online Terpercaya 2015

Beberapa keunggulan lain dari MySQL bisa dilihat dari uraian di bawah ini:
– Software gratis atau open source
– Sebagai software gratis, maka siapapun bisa mengunduh perangkat lunak ini.
– Multi user
– MySQL bisa digunakan dalam waktu yang bersamaan dan tidak menghambat kinerjanya. Hal ini juga berlaku pada perangkat jaringan komputer lokal maupun internet.
– Keragaman data
– Program MySQL memiliki aneka macam perintah data. Sehingga perangkat lunak ini sangat sesuai untuk kebutuhan Anda. Beberapa macam data yang terdapat pada MySQL antara lain: text, date, time stamps, float, double dan sebagainya.
– Security

Keunggulan lain yang bisa didapati pada aplikasi ini adalah memiliki perlindungan keamanan beberapa lapis, sistem tersebut meliputi password yang bisa terenkripsi.

Demikian pengertian MySQL dan beberapa keunggulan yang terdapat pada aplikasi berbasis data tersebut.