Pengertian Motherboard Komputer

Pengertian motherboard yaitu sebuah perangkat keras yang sering disebut sebagai papan utama. Dapat dilihat secara harfiah bahwa motherboard terdiri dari 2 kata, yaitu mother dan juga board. Dimana mother yang berarti ibu, induk atau utama sedangkan board berarti papan. Oleh sebab itu, motherboard disebut sebagai papan utama. Dalam sebuah komputer, motherboard memiliki peranan yang cukup penting atau bahkan paling vital. Dimana motherboard memiliki fungsi sebagai penghubung antar setiap komponen didalam komputer. Selain motherboard, sebutan lainnya yaitu mainboard yang memiliki arti sama, yaitu papan utama.

Pengertian Motherboard

Dalam sebuah motherboard, terdapat sirkuit yang memiliki banyak jalur. Jalur tersebut secara sistematis mampu menghubungkan komponen satu dengan yang lainnya. Didalam motherboard terdapat banyak bagian input ataupun output berupa slot ataupun socket. Jika dilihat fisiknya, maka sebuah motherboard yaitu papan yang terbuat dari besi ataupun semacamnya yang didalamnya terdapat banyak materi yang bentuknya kecil dan berbeda-beda. Oleh sebab itu, sebuah motherboard diletakkan dalam sebuah casing agar dapat terlindungi.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa, motherboard adalah sebuah papan utama yang berisi banyak slot ataupun socket. Diantaranya yaitu socket processor, konektor IDE, slot memory, socket catu daya, I/O port, slot peripheral dan lain sebagainya. Semuanya tersusun rapi dalam sebuah motherboard, selain itu didalam motherboard juga terdapat komponen internal yang telah melekat seperti ROM, I/O port dan sebagainya. Dengan adanya perkembangan jaman, motherboard juga mengalami banyak kemajuan. Semakin baik dan semakin ditingkatkan pula komponen internalnya.

Artikel menarik:  Mengenal Safari, Web Browser dari Apple

Sebuah motherboard ini memiliki fungsi yang sangat vital, jika terjadi kerusakan yang fatal, maka akan merugikan pemilik komputer. Pasalnya jika terjadi kerusakan, komputer tidak akan berjalan. Berbeda dengan perangkat lain seperti VGA, tidak akan berpengaruh berlebihan pada komputer dan tetap dapat digunakan. Itulah sebabnya kenapa motherboard disebut sebagai papan induk, perangkat lain tidak akan dapat digunakan jika tidak melekat padanya.

Semoga bermanfaat!