Seputar Tekno

Pengertian Mobile Learning (m-Learning)

Saat ini, komputer bukan hanya di manfaatkan sebagai sarana untuk menyajikan informasi namun juga dapat digunakan di berbagai bidang pendidikan. Pemanfaatan komputer berkembang pesat yang tidak hanya sebagai alat untuk membantu urusan keadministrasian saja melainkan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran, salah satunya Mobile Learning. Istilah ini pertama kali didefinisikan oleh Clark Quinn tahun 2000 sebagai The intersection of mobile computing and e-learning: accessible resources wherever you are, strong search capabilities, rich interaction, powerful support for effective learning, and performance-based assessment. E-Learning independent of location in time or space.

Pengertian Mobile Learning (m-Learning)

Berdasarkan pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa mobile learning merupakan model pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Hal itu membuat m-Learning akan membawa manfaat ketersediaan topik materi ajar yang dapat di akses setiap saat dan visualisasi materi yang menarik. Dan tidak semuanya materi pengajaran cocok untuk memanfaatkan mobile learning. Karena itulah m-Learning menjurus pada penggunaan perangkat teknologi informasi genggam dan divais bergerak seperti PDA, telepon genggam, laptop dan tablet PC. M-Learning juga merupakan bagian dari electronic learning (e-Learning) dan distance learning (d-Learning).

Mobile learning sendiri menjadi paradigma baru dalam dunia pembelajaran. Motode pembelajaran ini hadir untuk merespon perkembangan dunia teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat belakangan ini. Saat ini m-Learning dapat dibilang telah sukses berkembang karena telah didukung oleh beberapa faktor antara lain:
· Sarana makin banyak, canggih dan murah
· Perkembangan teknologi wireless atau seluler (2G, 2.5G, 3G, 3.5G, 4G, 4.5G, 5G)
· Tuntutan kebutuhan

Artikel menarik:  Mengenal Layar Bezel-less beserta Kelebihan & Kekurangannya

Kemudian, berikut ini beberapa kelebihan m-Learning bila dibandingkan dengan model pembelajaran lain adalah:
· Bersifat fleksibel sehingga dapat digunakan dimanapun dan kapanpun
· Kebanyakan divais bergerak memiliki harga yang lebih murah dibandingkan PC Dekstop
· Ukuran perangkatnya lebih kecil
· Dapat mengikutsertakan lebih banyak pembelajaran karena m-Learning telah memanfaatkan teknologi yang biasa digunakan dalam aktivitas sehari-hari

Dari segi konten pembelajaran dalam m-Learning ini sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam. Konten tersebut pastinya sangat berhubungan dengan kemampuan perangkat untuk menampilkan atau menjalankannya. Konten di dalam m-Learning adalah teks, audio, video, gambar, video dan aplikasi perangkat lunak.