Pengertian Mac OS

Mungkin Anda sudah tak asing lagi dengan sistem operasi Android karena hampir masyarakat dunia menggunakan perangkat dengan berbasis OS tersebut. Namun, apakah Sobat Gaptex pernah mendengar sistem operasi Mac? Apabila Anda menggunakan produk buatan Apple, pastinya telah hafal betul dengan istilah Mac OS.

Pengertian Mac OS

Pengertian Mac atau Macintosh Operating System adalah salah satu sistem operasi yang diciptakan oleh perusahaan Apple Inc. Dengan desain yang elegan namun sangat mudah digunakan oleh penggunanya. Mac OS di rancang khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan komputer berbasis IBM. Diperkenalkan pertama kalinya pada tahun 1984, Mac OS menjadi sistem operasi pertama yang memakai GUI atau Graphical User Interface.

Mac OS X merupakan versi terbaru dari sistem operasi Mac OS untuk PC Macintosh. Sistem operasi tersebut diluncurkan secara resmi pada tahun 2001. Karakter ‘X’ ialah nomor Romawi yang berarti sepuluh karena versi ini menjadi penerus dari sistem operasi yang digunakan sebelumnya yakni Mac OS 8 dan Mac OS 9. Beberapa orang juga sering membaca huruf X menjadi eks karena mengikuti tradisi sistem operasi berbasis Unix.

Pada dasarnya Mac OS X server hampir mirip dengan versi standarnya, namun perbedaannya dari versi server work group dalam komputer berskala besar. Beberapa spesifikasi tambahan yang tersedia untuk versi ini yaitu software untuk menjalankan fungsi-fungsi seperti SMB, SMTP, LDAP, dan DNS. Selain itu, Mac OS X juga telah menggunakan kernel BSD yang membuatnya seperti keluarga Unix.

Artikel berhubungan:  Cara Mengatasi Virus JS/Fbook.NAX

Pada saat perkenalan dan perilisan Mac OS, orang-orang yang berperan penting pada Mac OS adalah Bill Atkinson, Andy Hertzfeld dan Jef Raskin. Salah satu pencapaian mereka adalah desain dan keindahan tampilan Mac OS sehingga menjadikannya trandsetter bagi pengembang dekstop. Beberapa kelebihan Mac OS yang dapat di peroleh adalah:
· Tidak mudah terkena virus
· Lebih stabil sebab menggunakan UNIX
· Tampilan elegan dan glossy untuk urusan grafis desain atau multimedia
· Dapat mengenal file format windows
· Multitasking
· Support hardware yang jelas
· Performa tinggi dengan prosesor Intel terbaru dan inovasi terbaik
· User-friendly dengan tampilan GUI