Pengertian LCGC

Sobat gaptex, serbuan mobil LCGC pastinya sudah Anda rasakan 1 tahun belakangan ini, bukan? Beramai-ramai pabrikan mobil menawarkan mobil LCGC, beramai-ramai pula masyarakat mengantrinya. LCGC memang fenomena. Tetapi tahukah Anda pengertian LCGC? Well, kita akan membahasnya kali ini.

Pengertian LCGC

LCGC adalah singkatan dari Low Cost Green Car. Secara harafiah berarti ‘mobil murah ramah lingkungan’. LCGC berada di bawah payung hukum Peraturan Pemerintah No. 41 tahun 2013, bersama-sama dengan low carbon emission, mobil listrik, hybrid biodiesel. Secara spesifik, keberadaan LCGC diatur di Permenperin No 33/2013.

Berikut beberapa persyaratan mobil LCGC :
– hemat energi
– harga terjangkau
– menggunakan tambahan merek Indonesia
– model dan logo yang mencerminkan Indonesia

Spesifikasi mesin :
– Bensin = maksimum 1200cc, minimal 1 liter BBM untuk 20 km.
– Solar = maksimum 1500cc, minimal 1 liter BBM untuk 20 km.

Artikel menarik:  Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Access versi Terbaru

Jika sudah memenuhi persyaratan yang diberikan, maka pajak atas mobil LCGC adalah 0%. Demikianlah mobil LCGC dapat dijual dengan harga yang sangat murah karena komponen pajaknya dihilangkan.

Merek-Merek LCGC
Sejumlah perusahaan mobil terkenal yang beredar di Indonesia berlomba mengeluarkan mobil LCGC dengan fitur dan harga yang sangat kompetitif. Sebut saja si kembar Toyota Agya dan Daihatsu Ayla, disusul Suzuki Karimun WagonR, kemudian Honda Brio Satya dan akan disusul oleh merek lainnya.

Di akhir tahun 2014 ini, segmen LCGC akan semakin ramai dengan masuknya beberapa pemain lain yang tak mau ketinggalan.