Pengertian Keyboard

Mungkin di zaman yang serba modern ini, Sobat Gaptex tidak asing lagi dengan benda satu ini, bahkan untuk Anda yang sering menggunakan komputer, pasti selalu mengetik kata demi kata melalui keyboard. Namun tidak semuanya yang mengetahui pengertian keyboard, sejarah, maupun jenis-jenis keyboard komputer tersebut. Maka dari itu, kami akan mengulas secara jelas apa saja mengenai keyboard, sehingga bisa menambah pengetahuan Anda di dunia komputasi.

Apa itu Keyboard?
Dalam komputasi, keyboard komputer adalah perangkat bergaya mesin tik yang menggunakan susunan tombol berupa angka, huruf, dan simbol, untuk bertugas sebagai tuas mekanik atau sakelar elektronik. Setelah ketenaran kartu punch dan tape kertas menurun, interaksi via keyboard bergaya teleprinter menjadi perangkat input utama untuk komputer.

Keyboard biasanya memiliki karakter yang diukir atau dicetak pada tombol dan setiap penekanan tombol biasanya sesuai dengan satu simbol tertulis. Namun, untuk menghasilkan beberapa simbol memerlukan penekanan sebagian tombol secara simultan atau berurutan. Sementara sebagian besar tombol keyboard menghasilkan huruf, angka atau tanda (karakter), tombol lain atau penekanan tombol simultan dapat menghasilkan tindakan atau menjalankan perintah komputer.

Walaupun sekarang terdapat pengembangan perangkat input alternatif, seperti mouse, touchscreen, perangkat pena, pengenalan karakter dan pengenalan suara, keyboard tetap merupakan perangkat yang paling umum digunakan untuk input data alfanumerik langsung (manusia) ke komputer.

Dalam penggunaan normal, keyboard digunakan sebagai antarmuka entri teks untuk mengetik teks dan angka menjadi pengolah kata, editor teks atau program lainnya. Dalam komputer modern, interpretasi penekanan tombol umumnya diserahkan ke perangkat lunak.

Keyboard komputer akan membedakan setiap tombol fisik dari yang lainnya dan melaporkan semua penekanan tombol ke perangkat lunak pengendali. Keyboard juga digunakan untuk permainan komputer, baik dengan keyboard biasa atau menggunakan keyboard dengan fitur permainan khusus, yang dapat mempercepat kombinasi keystroke.

Selain itu, keyboard bisa digunakan untuk memberi perintah pada sistem operasi komputer, seperti kombinasi pada Windows yakni Control-Alt-Delete, yang menampilkan jendela tugas atau mematikan mesin. Antarmuka baris perintah adalah jenis antarmuka pengguna yang dioperasikan sepenuhnya melalui keyboard, atau perangkat lain yang melakukan tugasnya.

Sejarah Keyboard
Sementara mesin tik adalah nenek moyang dari semua perangkat entri teks berbasis tombol, maka keyboard komputer dijadikan sebagai alat untuk entri data elektromekanis dan komunikasi sebagian besar berasal dari kegunaan dua perangkat seperti teleprinter dan keypunches. Melalui perangkat itulah, keyboard komputer masa sekarang mewarisi tata letak tombol mereka.

Pada awal 1870-an, perangkat seperti teleprinter digunakan secara bersamaan untuk mengetik dan mengirimkan data teks pasar saham dari keyboard melintasi jalur telegraf ke mesin ticker saham untuk segera disalin dan ditampilkan ke kaset. Teleprinter, dalam bentuknya yang lebih kontemporer, dikembangkan dari 1907 sampai 1910 oleh insinyur mekanik Amerika Charles Krum dan putranya Howard, dengan kontribusi awal oleh insinyur listrik Frank Pearne. Model awal dikembangkan secara terpisah oleh individu seperti Royal Earl House dan Frederick G. Creed.

Sebelumnya, Herman Hollerith mengembangkan perangkat keypunch pertama, yang segera berevolusi untuk menyertakan tombol untuk entri teks dan angka yang mirip dengan mesin tik normal pada tahun 1930-an. Keyboard pada teleprinter juga turut memainkan peran penting dalam komunikasi point-to-point dan point-to-multipoint untuk sebagian besar abad ke-20, sementara keyboard pada perangkat keypunch memainkan peran kuat dalam penyimpanan data selama itu.

Perkembangan komputer yang paling awal menggabungkan keyboard mesin ketik listrik ialah pada pengembangan komputer ENIAC yang menggabungkan perangkat keypad sebagai perangkat output input dan berbasis kertas, sementara komputer BINAC juga menggunakan mesin tik elektromekanik untuk kedua entri data ke tape magnetis tape (bukan kertas) dan data output.

Dari tahun 1940-an sampai akhir 1960-an, mesin tik adalah alat utama untuk memasukkan data dan keluaran untuk komputasi, terintegrasi ke dalam apa yang dikenal sebagai terminal komputer. Karena keterbatasan terminal berdasarkan teks cetak dibandingkan dengan pertumbuhan penyimpanan data, pemrosesan dan transmisi, pergerakan umum menuju terminal komputer berbasis video dilakukan pada tahun 1970-an, dimulai dengan Datapoint 3300 pada tahun 1967.

Keyboard tetap menjadi perangkat komputer terpadu yang utama dan terintegrasi ke era komputasi personal sampai diperkenalkannya mouse pada tahun 1984. Namun, keyboard tetap menjadi pusat interaksi antar manusia dan komputer hingga saat ini, bahkan saat perangkat komputasi mobile seperti smartphone dan tablet tetap menyesuaikan keyboard sebagai alat input data berbasis touchscreen yang berbasis virtual opsional.

Tipe-tipe Keyboard
Salah satu faktor yang menentukan ukuran keyboard adalah adanya duplikat tombol, seperti keyboard numerik yang terpisah, yang terkadang untuk kenyamanan si pemakai. Selanjutnya ukuran keyboard tergantung pada sejauh mana sistem digunakan, yang mana satu fungsi dihasilkan oleh kombinasi dari penekanan tombol berikutnya atau simultan, atau beberapa penekanan tombol tunggal. Keyboard dengan beberapa tombol disebut keypad.

Faktor lain yang menentukan tipe-tipe keyboard adalah ukuran dan jarak tombol. Pengurangan karakter pun dibatasi oleh pertimbangan bahwa tombol harus cukup besar agar mudah ditekan oleh jari. Sebagai alternatif, sekarang sudah tersedia alat yang digunakan untuk menekan tombol kecil.

Artikel menarik:  UPS : Fungsi & Pengertiannya

Berikut ini tipe-tipe keyboard yang bisa Anda ketahui:
1. Keyboard Standar
Keyboard alfanumerik standar memiliki tombol yang berada di pusat tiga perempat inci (0,750 inci, 19,05 mm), dan memiliki panjang tombol minimal 0.150 inci (3,81 mm). Keyboard komputer desktop, seperti keyboard tradisional US 101 atau keyboard Windows 104-tombol, termasuk karakter alfabetis, simbol tanda baca @ nomor dan berbagai tombol fungsi.

Keyboard tombol 102/104 yang terkenal secara umum memiliki tombol shift kiri yang lebih kecil dan kunci tambahan dengan beberapa simbol lagi yang biasanya di sebelah kanan huruf Z atau Y. Selain itu, tombol enter juga biasanya berbentuk berbeda. Keyboard komputer mirip dengan keyboard mesin tik namun memiliki tombol tambahan, seperti tombol perintah atau Windows.

Sebenarnya, tidak ada artian keyboard komputer standar, meskipun banyak pembuatan meniru keyboard PC. Setidaknya ada tiga keyboard PC yang berbeda yaitu keyboard PC original dengan 84 tombol, keyboard AT juga dilengkapi 84 tombol dan keyboard yang disempurnakan dengan 101 tombol. Ketiganya agak berbeda dalam penempatan tombol fungsi, tombol kontrol, tombol kembali, dan tombol shift.

2. Keyborad Laptop-Size
Keyboard pada laptop dan komputer notebook biasanya memiliki jarak tempuh antar tombol lebih pendek untuk keystroke dan beberapa tombol ada yang berkurang. Keyboard ini mungkin tidak memiliki keypad khusus untuk numerik, dan tombol fungsi yang ditempatkan di lokasi yang berbeda dari penempatannya pada keyboard standar berukuran penuh. Mekanisme saklar untuk keyboard laptop memang berlawanan dengan keyboard tipe ukuran penuh.

3. Keyboard yang fleksibel
Keyboard yang fleksibel adalah persimpangan antara tipe normal dan keyboard tipe laptop. Hal ini berarti normal dari susunan tombol penuh, dan tipe laptop karena jarak antar tombol yang pendek. Selain itu, sifatnya yang fleksibel memungkinkan pengguna untuk melipat atau memutar keyboard sehingga dapat disimpan atau di bawa dengan mudah di dalam tas.

Namun, untuk mengetik keyboard tersebur harus di atas permukaan yang keras. Sebagian besar keyboard fleksibel di pasaran terbuat dari silikon, sehingga tahan air dan debu, yang menjadi fitur yang sangat handal terutama di rumah sakit, dimana keyboard sering mengalami pencucian. Untuk koneksi dengan komputer, keyboard fleksibel menggunakan kabel USB, dan dukungan sistem operasi minimal Windows 2000.

4. Keyboard Genggam
Keyboard ergonomis genggam dirancang untuk dipegang seperti pengendali permainan, sehingga penggunaannya bukan diletakkan datar di atas permukaan meja. Biasanya keyboard genggam memegang semua tombol dan simbol alfanumerik yang akan dimiliki keyboard standar, namun hanya dapat diakses dengan menekan dua set tombol sekaligus.

Keyboard genggam memungkinkan pengguna untuk bergerak di sekitar ruangan atau bersandar di kursi sambil juga bisa mengetik meskipun jauh dari komputer. Beberapa variasi keyboard ergonomis genggam juga menyertakan mouse trackball yang memungkinkan gerakan mouse dan mengetik termasuk dalam satu perangkat.

5. Keyboard Berukuran jempol
Keyboard eksternal yang lebih kecil telah diperkenalkan untuk perangkat tanpa keyboard built-in, seperti PDA, dan smartphone. Keyboard jempol (papan jempol) digunakan di beberapa asisten digital pribadi seperti Palm Treo dan BlackBerry, serta beberapa PC Ultra-Mobile seperti OQO.

Keyboard numerik hanya berisi angka, simbol matematika untuk penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian, titik desimal, dan beberapa tombol fungsi. Mereka sering digunakan untuk memudahkan entri data dengan keyboard yang lebih kecil yang tidak memiliki keypad numerik. Keyboard ini secara kolektif dikenal sebagai numerik pad, tombol numerik, atau keypad numerik, dan dapat terdiri dari jenis kunci berikut: Operator aritmatika, angka, tombol panah, tombol Navigasi, tombol Num Lock dan Enter.

6. Keyboard Multifungsi
Keyboard multifungsi memberikan fungsi tambahan di luar keyboard standar. Banyak yang diprogram khsusus atau keyboard komputer yang dapat dikonfigurasi dan beberapa komputer kontrol, berbagai workstation (termasuk SUN) dan sumber informasi lainnya (termasuk Thomson Reuters FXT/Eikon, Bloomberg, EBS, dan lainnya).

Biasanya keyboard  jenis ini berada dalam lingkungan kerja multi layar. Penggunanya pun dapat menemukan fungsi tombol tambahan dan fungsi standar. Biasanya juga dapat menggunakan satu keyboard dan mouse untuk mengakses banyak sumber.

Keyboard multifungsi dapat menampilkan keypad yang disesuaikan, fungsi yang dapat diprogram sepenuhnya atau tombol lembut untuk macro/pre-sets, pembaca kartu biometrik atau smart card, trackballs, dan sebagainya. Keyboard multifungsi generasi baru pun akan didukung oleh layar touchscreen untuk streaming video, kontrol media visual audio, dan masih banyak lagi.

Keyboard multifungsi juga mengizinkan pengguna berbagi akses ke PC dan sumber informasi lainnya, serta untuk mengintegrasikan perangkat eksternal. Lingkungan umum untuk keyboard multifungsi adalah lokasi kerja yang kompleks dan berkinerja tinggi seperti financial trader dan operator ruang kontrol, misalnya layanan darurat, keamanan, manajemen lalu lintas udara, industri, manajemen utilitas, dan sebagainya.