Pengertian & Jenis Blog

Sobat Gaptex, seperti yang kita semua tahu, pertumbuhan blog beberapa tahun belakangan ini sangatlah pesat. Salah satu pemicunya adalah kehadiran engine WordPress yang sangat digemari oleh berbagai kalangan. Hampir semua orang membuat blog, tak terkecuali perusahaan besar. Meski terkadang disebut sebagai website, kenyataannya apabila engine yang digunakan adalah engine blog, maka situs tersebut tetaplah sebuah blog.

Blog word.

Pengertian Blog
Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah ini pertamakali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.

Dengan kata lain, Weblog dapat diartikan sebagai kumpulan website pribadi yang memungkinkan para pembuatnya menampilkan berbagai jenis isi pada web dengan mudah, seperti karya tulis, kumpulan link internet, dokumen-dokumen (file-file Word,PDF,dll), gambar ataupun multimedia. Ada pula yang mendefinisikan blog sebagai situs yang sifatnya pribadi, yang lebih menitik beratkan kepada penggambaran dari orang yang membuat blog itu sendiri.

Seiring dengan perkembangn weblog dari waktu ke waktu, pengertian weblog akan berkembang seiring dengan ide-ide dan kemauan para Blogger. Blogger adalah para pembuat Blog. Dimana, melalui blog yang dibuat oleh blogger, kepribadian blogger menjadi lebih mudah dikenali berdasarkan topik apa yang disukai, apa tanggapan terhadap link-link yang di pilih didalamnya. Oleh karena itu Blog bersifat sangat personal.

Jenis-Jenis Blog
1. Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
2. Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan, dan perbincangan teman.
3. Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
4. Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
5. Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
6. Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
7. Blog mode: Lebih dikenal dengan “fashion blog”. Isinya seputar gaya, perkembangan mode, selera fesyen, liputan pameran mode, dan lain-lain.
8. Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
9. Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
10. Blog media: Berfokus pada bahasan berbagai macam informasi
11. Blog agama: Membahas tentang agama
12. Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
13. Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
14. Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
15. Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
16. Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek di luar manusia; seperti anjing
17. Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)
18. Blog virus (virus): Digunakan untuk merusak

Artikel berhubungan:  Ketika Brica B-Pro Menantang GoPro

Termasuk jenis blog apakah Gaptex? Hayo tebak.