Seputar Tekno

Pengertian ISP (Internet Service Provider)

Sobat Gaptex, teknologi sekarang ini semakin canggih, hampir semua orang sudah menggunakan internet, dari anak-anak sampai orang tua. Tahukah Anda, bagaimana Anda bisa menggunakan internet sekarang ini? Mungkin bagi ahli teknologi sudah sangat paham bagaimana kita bisa menggunakan internet. Menggunakan jaringan internet tidak terlepas dari ISP, Anda pasti bertanya-tanya apa itu ISP? ISP merupakan kepanjangan dari Internet Service Provider yang dalam bahasa Indonesianya penyedia Jasa Internet. Jadi, ISP merupakan badan usaha atau perusahaan yang memberikan pelayanan sambungan jasa internet atau jasa yang mempunyai hubungan dengan telekomunikasi.

pengertian isp

Pengertian ISP
Perusahaan ISP menyediakan koneksi internet kepada pelanggan yang menginginkan untuk tersambung dengan koneksi internet. Jasa ini menyediakan layanan internet untuk masyarakat umum, baik individu maupun organisasi kemasyarakatan seperti sekolah, dan perusahaan lainnya yang membutuhkan. Setiap ISP memberikan sistem langganan yang berbeda-beda, ada yang bulanan ataupun dengan basis quota. Dilihat dari pengertiannya, ISP mempunyai fungsi yang berhubungan dengan menyediakan jasa layanan internet. Fungsi ISP pada zaman yang serba teknologi ini sangat dibutuhkan olah banyak orang, termasuk juga Anda. Secara tidak sadar, sebenarnya kita sudah menggunakan ISP sejak dahulu kala.

Dulu, ISP pertama kali muncul masih dengan menggunakan sistem dial up. Dial up merupakan salah satu jenis ISP yang pertama kali dan masih banyak digunakan oleh perusahaan kecil yang ada di daerah. Sistem dial up ini menggunakan modem, dan pelanggan menghubungkan dengan menghubungi nomor untuk menghubungkan ke server. Sistem ISP yang sekarang ini banyak digunakan yaitu Wi-Fi. Wi-Fi merupakan internet tanpa kabel atau nirkabel. Biasanya, Wi-Fi digunakan oleh para pengusaha hotel ataupun toko untuk menarik pelanggannya. Wi-Fi ini dapat digunakan dengan menggunakan komputer ataupun laptop.

Artikel menarik:  Kenali OS OpenBSD

Dari berbagai penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa ISP merupakan provider yang memberikan pelayanan kepada pelanggan untuk mengakses internet. Fungsi ISP yang paling utama yaitu media untuk menghubungkan pelanggan ke internet. Selain itu, ISP juga mempunyai fungsi untuk memberikan proteksi dari virus yang mungkin banyak tersebar dalam internet. Menggunakan ISP yang memberikan kualitas pelayanan yang bagus harus menjadi prioritas pilihan Anda agar selalu terpuaskan dengan dunia internet yang Anda butuhkan.

Semoga bermanfaat!