PCSeputar Tekno

Pengertian Intranet

Intranet adalah sebuah jaringan komputer yang menggunakan teknolog IP (internet protocol) untuk berbagai informasi, sistem operasi atau service komputasi dalam sebuah lingkup organisasi, misalnya digunakan pada perkantoran, perusahaan, sekolah, universitas, dan lainnya. Kebalikan dari intranet adalah extranet. Dan intranet tidaklah sama dengan internet.

Pengertian Intranet a

Intranet Vs Internet
Jika intranet hanya berjalan pada lingkup yang sempit dan terbatas, maka internet menihilkan batasan-batasan tersebut. Internet adalah singkatan dari “Interconnection Networking”, yakni suatu jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran.

Pengertian Intranet

Sejarah Penggunan Intranet
Intranet mulai dikenalkan pada tahun 1995 oleh beberapa penjual product jaringan yang merujuk pada keperluan informasi berbentuk situs didalam perusahaan. Intranet adalah jaringan komputer dalam perusahaan yang memakai komunikasi data standard seperti dalam internet. Berarti, semua sarana intranet bisa dipakai untuk keperluan dalam satu organisasi atau komunitas.

Karakteristik Intranet :
– Jaringannya yang sempit
– Bersifat lokal.
– Perkembangannya lambat.
– Biasa digunakan oleh perkantoran/perusahaan, sekolah, universitas, dan organisasi lainnya.

Artikel menarik:  Mengulik Software Edit Photo Meitu

Sebagai sebuah teknologi, tentu saja Intranet memiliki banyak kelebihan dan manfaat, meliputi :
1. Intranet menolong pemakai untuk mendapatkan informasi lebih cepat, memakai aplikasi yang sesuai dengan pekerjaan serta tanggung jawabnya, dan terhubung database yang dibutuhkan.
2. Perusahaan bisa memberi info yang lebih komplit serta cepat daripada memberi info lewat e-mail pada setiap karyawan.
3. Memungkinkan komunikasi efisien baik dengan cara vertikal (atasan-bawahan) ataupun horizontal (karyawan-karyawan) hingga beberapa karyawan akan senantiasa bisa mengetahui kebijakan terbaru yang ditempuh oleh organisasi/perusahaannya.
4. Memungkinkan data-data organisasi/perusahaan bisa dibuka dengan cara gampang.
5. Pemakai tak perlu lagi membaca data fisik seperti buku manual, pemakai bisa membaca data lewat situs browser.
6. Intranet menjamin keseragaman info yang di terima lantaran seluruhnya pemakai lihat info yang sama dalam intranet.

Semoga mencerahkan!