Pengertian Hyperlink

Pengertian hyperlink secara umum yaitu sebuah tulisan yang jika diklik, maka akan menuju ke situs lainnya. Hyperlink ini juga sering disebut link, sebagai singkatan yang mudah dibaca oleh banyak orang. Jadi dalam sebuah situs, jika terdapat tulisan yang jika diklik dapat membuka situs atau halaman lain, inilah yang disebut hyperlink. Tidak semua tulisan dapat disebut hyperlink, untuk membedakannya biasanya tulisannya sedikit berbeda.

pengertian hyperlink

Biasanya dekorasi yang digunakan yaitu penggunaan warna yang berbeda. Dengan begitu, orang lain akan lebih mudah untuk mengetahui bahwa itu adalah sebuah hyperlink dan dapat menuju ke halaman lain. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pengertian hyperlink yaitu tulisan yang diberikan fungsi khusus agar dapat menghubungkan 1 atau lebih halaman atau website. Dengan adanya hyperlink ini, maka akan lebih mudah menuju halaman yang dituju tanpa harus mengetikkan alamat langsung website tersebut. Cukup dengan mengklik tulisan atau kata tersebut, user akan langsung menuju website tertentu sesuai dengan URL yang ada di hyperlink tersebut.

Pada dasarnya, hyperlink ini dibuat untuk memudahkan user, terlebih lagi jika ia tidak mengetahui alamat URL yang dituju. Link atau hyperlink memiliki fungsi dalam sebuah HTML, dimana user lebih mudah dalam menelusuri ini website yang berhubungan atau bersangkutan. Link ini memiliki style khusus yang membedakan antara teks lain. Tidak hanya warna saja tetapi jika teks atau tulisan yang berupa link ini disorot maka kursor yang bentuknya panah akan berubah menjadi tangan.

Artikel menarik:  9 User Interface Terbaik untuk Android

Walaupun begitu, setiap link memiliki style masing-masing, ada yang berwarna biru, ada yang berwarna biru dan bergaris bawah dan lain sebagainya. Teks atau tulisan yang memiliki warna yang berbeda. Jika disorot membentuk style baru dan dapat menuju ke halaman web lain dalam sebuah web disebut dengan link ataupun hyperlink. Link tersebut dapat terlihat aktif jika disorot dengan kursor, jika aktif, maka kursor akan berubah menjadi bentuk tangan. Demikian yang dapat disampaikan mengenai hyperlink, semoga sedikit ulasan ini dapat bermanfaat bagi Anda semua.