Pengertian FreeBSD

FreeBSD merupakan salah satu sistem operasi yang bersifat open source yang hampir sama seperti UNIX. Karena itulah FreeBSD juga dikenal sebagai UNIX-like. FreeBSD telah banyak digunakan dalam dunia ISP (Internet Service Provider), embedded devices dan bidang lainnya yang membutuhkan reliability tinggi. FreeBSD juga dibuat dari source kode UNIX original yang diluncurkan oleh AT&T tahun 1970 silam.

Pengertian FreeBSD

Sejarah awal dari FreeBSD adalah dari perkembangan sistem operasi UNIX yang dirancang oleh Dennis Ritchie dan Ken Thompson selaku peneliti dari AT & T Bell Laboratorities. Pada pertengahan tahun 1970-an, Thompson memperkenalkan UNIX ke Universitas California di Berkeley. Saat itu, ia berkunjung ke salah satu fakultas di sana dan meminta bantuan dari para mahasiswa dan periset. Salah satunya adalah Bill Joy (salah satu pendiri SunMicrosystem), yang kemudian berusaha mengembangkan soucre code UNIX. Dari sanalah lahir OS terbaru yang disebut Barkeley Software Distribution (BSD).

Salah satu keunggulan dari penggunaan OS FreeBSD adalah kebutuhan harware untuk menjalankannya begitu minum, bahkan komputer atau laptop yang low-end pun dapat mengoperasikannya. FreeBSD hanya membutuhkan sekitar 24 Mb RAM dan 486 MHz prosesor. Terhitung sudah ada 10 versi FreeBSD dari tahun 1993 hingga 2014 dan saat ini masih terus dikembangkan karena sistem operasi ini juga terbuka untuk siapa saja. Beberapa fitur yang dapat dinikmati oleh pengguna FreeBSD adalah:
· Relatif mudah dikustomisasi secara bebas
· Multiuser
· Perlindungan memori
· Sistem stabil untuk server, database, intranet dan fill server
· Banyak tersedia aplikasi dan program gratis
· Virus dan spyware yang menyerang lebih sedikit
· Tidak memiliki kasus hukum sehingga menjadi satu-satunya OS clone UNIX yang free

Artikel menarik:  Apa itu NIC?

Jika Anda berminat untuk menggunakan FreeBSD, Anda dapat menginstall-nya melalui berbagai cara salah satunya dari CDROM, Floppy Disk, partisi DOS atau melalui network. Sedangkan perusahaan besar yang telah menggunakan FreeBSD sebagai sistem operasinya ialah Yahoo, Apache, Netcraft, Sony Japan, dan Sophos Anti virus. FreeBSD juga digunakan untuk server, dekstop, dan aplikasi tertanam. Sistem operasi itu juga kompatibel dengan Intel dan AMD.