Pengertian E-commerce & Seluk-Beluknya

Di tanah air, geliat e-commerce telah mendapatkan momentum sekitar 2 tahun belakangan dan terus akan mengalami sinergi untuk mencapai peningkatan yang jauh lebih hebat pada tahun-tahun mendatang. Kita memang sedikit terlambat, sebab faktanya e-commerce sudah diperkenalkan sejak tahun 1994, sekitar 19 tahun lalu. Pada post kali ini, kita akan membahas pengertian e-commerce dan seluk-beluknya.

Definisi e-commerce
E-commerce memiliki pengertian yang sangat luas, yaitu seluruh kegiatan komersial meliputi penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa, yang dilakukan melalui media elektronik seperti televisi atau internet, website dan jaringan komputasi lainnya yang dikenal oleh manusia.

pengertian e-commerce 2

E-commerce juga kerap disebut sebagai perdagangan elektronik atau e-dagang. Apa pun itu, e-commerce merupakan bagian paling penting dalam industri teknologi informasi, khususnya e-business yang juga mencakup berbagai macam hal teknis non-transaksional melalui sarana elektronik seperti kolaborasi bisnis, layanan nasabah online, dan lain sebagainya.

Pergeseran Definisi e-commerce
Pada mulanya, istilah e-commerce hanya digunakan untuk melukiskan manfaat elektronik yang diterapkan pada bisnis konvensional seperti e-invoice atau pertukaran data dalam bentuk elektronik (file). Seiring berjalannya waktu, teknologi website yang semakin handal, canggih dan aman, membuat e-commerce seperti berada di tempat yang tepat, yaitu perdagangan web. Saat ini, bahkan seluruh transaksi jual-beli melalui internet dapat dilakukan 100% secara elektronik tanpa melibatkan aktivitas fisik sama sekali.

Istilah dalam e-commerce
Berikut beberapa applikasi yang dikenal dalam e-commerce :
– E-mail dan Messaging
Content Management Systems
– Dokumen, spreadsheet, database
– Akunting dan sistem keuangan
– Informasi pengiriman dan pemesanan
– Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
– Sistem pembayaran domestik dan internasional
– Newsgroup
– On-line Shopping
– Conferencing
– Online Banking/internet Banking
– Product Digital/Non Digital

E-commerce Secara Global
E-commerce berkembang pesat seiring dengan pertumbuhan jumlah pengguna internet yang semakin banyak dari hari ke hari. Dukungan perbankan elektronik dan akses internet yang cepat dan murah membuat e-commerce berubah menjadi sebuah industri yang maju pesat. Beberapa nama pionir e-commerce sebut saja eBay, Amazon atau Paypal sudah bukan barang baru lagi di telinga para pengguna internet.

Artikel berhubungan:  Apa Arti Kode Wi-Fi IEEE 802.11 a/b/g/n/ac?

Jauh dari itu, e-commerce telah membuat ketergantungan yang sangat besar bagi para penggunanya.

Secara global, pertumbuhan transaksi online meningkat amat sangat tajam. Sebagai acuan, transaksi perdagangan elektronik yang hanya berjumlah US$ 12,2 Milyar pada tahun 2003, telah berkembang sekitar 2000% hingga ke angka 0.25 triliun atau sekitar US$ 250 Milyar tak sampai 5 tahun setelahnya (2011).

Prospek e-commerce Dalam Negri
Banyak orang-orang di Indonesia yang berubah menjadi mandiri berkat internet, beberapa diantaranya bahkan menjadi sangat kaya dan bisa membuka lapangan kerja yang cukup besar. Salah satu dari aktivitas yang dilakukan oleh orang-orang tersebut adalah e-commerce, yaitu membuat toko online sebagai sarana jual-beli secara elektronik.

Ekspansi bisnis besar dari perusahaan-perusahaan yang sebelumnya hanya eksis secara offline menjadi online pun menjadi daya gedor yang sangat kuat untuk meningkatkan laju pertumbuhan e-commerce dalam negri. Belum lagi jika kita berbicara tentang bagaimana perbankan dalam negri yang berlomba-lomba menghadirkan transaksi elektronik melalui layanan mobile dan internet banking.

Dari sisi pengguna, keterbatasan waktu, sempitnya ruang dan mahalnya transportasi membuat e-commerce layaknya primadona yang amat menarik sekaligus solutif.

Dengan demikian, laju e-commerce tak lagi dapat dibendung sehingga melihatnya mewujud sebagai raksasa perekonomian masal pada tahun-tahun mendatang rasanya adalah hal yang pasti akan terjadi.

So, sobat gaptex, sudah siapkah Anda dengan e-commerce yang masif di masa depan?