Pengertian DRM (Digital Rights Management)

Digital Rights Management (DRM) adalah teknologi pelindung copy yang didesain untuk menghentikan distribusi musik berhak cipta. Kontrol dilakukan pada berbagai perangkat musik, atau batas frekuensi pemindahan musik yang dibeli ke berbagai media seperti CD, flashdisk atau perangkat komputer lainnya.

Pengertian DRM (Digital Rights Management)

Asal Mula DRM
DRM muncul pada era digital musik dimana pembelian musik menjadi sangat luas dan terbuka. DRM mengantisipasi pencurian dan pembajakan. Internet merupakan salah satu media yang kerap digunakan sebagai sarana distribusi musik secara illegal.

Keuntungan DRM
– DRM melindungi para pelaku industri musik (termasuk artis) dari aksi pencurian yang merugikan mereka.
– Sistem copy music tanpa limit akan membuat setiap orang bebas mengkopi dan mendistribusikan musik tanpa membeli. Hal ini akan memperngaruhi penghasilan pelaku industri musik secara signifikan.
– Melindungi hasil karya dengan hak cipta dan DRM dapat memastikan pelaku industri memperoleh penghasilan yang seharusnya sehingga industri terus dapat berlangsung dengan sehat.

Kerugian DRM
– Konsumen akan sangat terganggu dengan DRM, dimana tingkat kepuasan akan sebuah musik yang dibeli secara legal akan terganggu.
– Terkadang, muncul kebutuhan untuk mengkonversi sebuah file musik ke format lain agar dapat diputar menggunakan instrumen musik yang sesuai. DRM membatasi dan melarang hal ini.

Artikel berhubungan:  Ciri-Ciri Smartphone Android yang Terkena Malware

Kontroversi DRM
Sejak kemunculannya, DRM menuai berbagai macam kontorversi. Berbagai kepentingan dan hak-hak yang seharusnya diperoleh menjadi hal yang selalu diperdebatkan. Sebagai ‘toko musik digital’ terbesar saat ini, Apple iTunes mengupayakan berbagai hal untuk mengakomodasi kedua belah pihak. Salah satu penerapan yang penting adalah penjualan musik beserta lisensi DRM nya (harga ditambah $0.30). Sayangnya, tak semua musik yang dijual tersedia bersama dengan lisensi DRM tersebut.

Cara Menghilangkan DRM
Para pelaku internet telah menemukan berbagai cara dan metode yang dapat digunakan untuk menghilangkan DRM dari musik. Beberapa software tersedia untuk seluruh pengguna.