Pengertian Domain Authority

Apakah Anda Gaptex pernah mendengar istilah Domain Authority atau sering disingkat dengan DA? Bagi Anda yang belum tahu, domain authority merupakan sebuah istilah dalam SEO yang kerap dipakai sebagai alat ukur untuk melakukan prediksi terhadap popularitas domain dari sebuah website atau blog yang tampil dalam search engine seperti Google, Bing, atau Yahoo.

Pengertian Domain Authority

Saat ini, domain authority seolah menjadi acuan tingkat kualitas sebuah blog sejak Google tidak lagi mengupdate PageRank. Google PageRank yang dulunya terkenal itu seakan tidak lagi atau Google sendiri tidak bisa mengandalkan PageRank sebagai penentu kualitas website atau blog tertentu. Google PageRank memberi angka 10 sebagai ranking paling tinggi, sementara untuk mendapatkan PageRank dari Google, hanya pihak dari Google-lah yang menentukan.

Setelah Google PageRank tidak terdengar lagi kabar update terbarunya, kini domain authority menjadi alternative pengganti google PageRank. Sebuah website atau blog memiliki nilai kualitas yang bagus jika DA mempunyai nilai yang tinggi. Untuk nilai DA sendiri mematok angka 100 sebagai angka paling tertinggi. Berbeda dengan Google PageRank yang hanya sampai angka 10 saja.

Domain authority dapat Anda lihat perkembangannya setiap bulan, sedangkan Google PageRank tidak jelas kapan waktu update nya. Anda bahkan dapat melihat peningkatan DA setiap saat. Domain Authority juga sering disebut dengan Otoritas Domain yang merupakan ukuran kekuatan sebuah nama domain di mata sebuah mesin pencarian. Domain authority di dasarkan atas 3 faktor yakni umur domain, popularitas, dan ukuran. Dengan mempunyai 3 faktor tersebut, web atau blog akan mudah mendapatkan peringkat yang tinggi di search engine.

Artikel berhubungan:  Cara Membuat Watermark Pada Foto

Ada banyak cara untuk meningkatkan angka domain authority dari suatu blog atau website, diantaranya adalah seperti dibawah ini:

1. Usia Domain
Usia Domain adalah salah satu cara agar mesin pencari menaikkan DA. Semakin lama usia sebuah domain maka akan semakin tinggi pula ranking domain tersebut. Anda bisa menaikkan DA di Top Level Domain atau dotcom Anda, namun untuk blogspot, wordpress, blogdetik, kompasiana atau semisalnya tidak akan bisa dinaikkan nilai DA-nya

2. Popularitas Domain
Popularitas sebuah Domain dapat diukur dari banyaknya link yang masuk dan pastinya harus backlink yang berkualitas.

3. Jumlah Post Yang Bermanfaat Untuk Pembaca
Salah satu faktor untuk menaikkan ranking DA yaitu banyaknya link dari sebuah domain tersebut. Hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya artikel atau postingan yang sudah dibuat oleh sebuah web atau blog, sehingga artikel yang bermanfaat-lah yang akan dilihat oleh search engine.