Pengertian DNS Server Dan Seluk-Beluknya

Sobat gaptexers, kali ini kita akan membahas pengertian DNS server dan informasi penting yang ada di sekelilingnya. Bagi para netter yang kerap berjelajah di ranah online, istilah DNS memang cukup sering terdengar, terlebih jika sudah menyangkut permasalahan web hosting dan nama domain. Pada setiap pembelian web hosting yang terpisah dengan pembelian domain atau yang mendukung addon domain atau pada setting hosting gratis blogspot, instruksi untuk mengarahkan nama domain ke DNS tertentu adalah hal yang akan selalu terlihat.

DNS secara harafiah telah diindonesiakan menjadi “Sistem Penamaan Domain”, yaitu sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host ataupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar di dalam jaringan komputer. Pada sistem dns, sebuah nama domain akan diterjemahkan ke IP address ke jenis system yang melayani permintaan pemetaan IP address.

Meski terkesan njelimet, nyatanya mengimplementasikan DNS server adalah hal yang cukup sederhana, apalagi jika hanya menyangkut urusan mengarahkan domain ke sebuah web hosting. Caranya adalah hanya dengan memasukkan name server yang diminta ke dalam control panel sebuah domain yang akan diarahkan. Begitu saja. Sementara, jika diapplikasikan pada hal lain seperti MTA atau agen pemindahan surat, maka implementasi DNS harus dilakukan oleh pengguna yang berada pada level yang lebih tinggi.

Baca Juga :  Apa Itu WPS (Wireless Protected System)?

Dalam kaitannya dengan web hosting dan nama domain, kehadiran DNS server sangat membantu pengguna yang tidak lagi perlu repot untuk mengingat IP address. Cara pengkonfigurasinnya yang gampang merupakan salah satu sisi yang memudahkan seluruh orang menggunakannya.

Untuk sistem internet pada komputer rumahan, DNS juga dikenal gampang diapplikasikan pada TCP/IP.

Sebagai informasi tambahan, orang yang menemukan DNS pertama kali adalah Paul Mockapetris pada tahun 1983.
So, sudah tahu pengertian DNS server kan sekarang?

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part