Pengertian Distro Linux

Bila pada minggu lalu, kami telah memberikan informasi mengenai pengertian Linux, maka pada kesempatan kali ini Sobat Gaptex akan mengetahui informasi tentang pengertian Distro Linux. Apa itu distro Linux? Istilah tersebut merupakan singkatan dari distribusi Linux yakni sebutan untuk sistem operasi komputer beserta aplikasinya yang termasuk keluarga Unix yang memakai kernel Linux.

Pengertian Distro Linux

Sampai saat ini, distro Linux masih terus berkembang dan juga masih banyak dipergunakan oleh masyarakat dunia untuk berbagai keperluan. Distribusi Linux ini dapat berupa software bebas atau bisa juga berupa software komersial seperti Red Hat Enterprise, SuSE dan sebagainya. Di zaman modern seperti sekarang, banyak sekali muncul distro Linux yang baru muncul. Beberapa di antaranya bertahan hingga menjadi distro besar, bahkan dapat menghasilkan distro turunan, seperti Debian GNU/Linux. Distro ini sudah menghasilkan puluhan distro turunan seperti Knoppix, Ubuntu, Xandros, DSL dan sebagainya.

Apabila Anda tertarik untuk mendapatkan distro Linux, Sobat Gaptex dapat mengunduh langsung dari situs resmi distributor yang bersangkutan lalu mengunduhnya dari mirror lokal atau dapat membelinya langsung dari penjual lokal. Tujuan dari pembuatan distro Linux dapat dibedakan menjadi dua yakni untuk komersial sehingga diperlukan pembayaran secara khusus supaya Anda dapat menggunakan distro tertentu. Kemudian, distro Linux juga dapat dipakai untuk tujuan non komersial sehingga dikembangkan secara individu atau organisasi khusus yang lalu digunakan secara gratis.

Artikel berhubungan:  Ciri-Ciri Smartphone Android yang Terkena Malware

Berikut ini daftar-daftar distro Linux yang paling populer saat ini:

· Arch Linux, distribusi jenis rolling release yang diperuntukkan untuk pengguna Linux yang telah berpengalaman dan di kelola oleh komunitas.

· Debian, distribusi yang dikelola oleh sukarelawan di komunitas hingga kini banyak menghasilkan distro turunan seperti Canaima, Knoppix, LMDE, Ubuntu, Lubuntu, Xubuntu. Kubuntu, Edubuntu, BlackBuntu, Sabily, Elementary OS, dan BlankOn.

· Fedora, distribusi Linux yang di sponsori oleh perusahaan Amerika Red Hat. Beberapa distro turunan yang telah di hasilkan yakni Red Hat Enterprise Linux, Mandriva.

· Slackware, distro Linux pertama yang lahir di tahun 1993 dan menjadi distribusi tertua saat ini. Contohnya SUSE Linux Enterprise dan OpenSUSE.