Pengertian DHCP

Apa itu DHCP? Mungkin terdengar awam di dengarnya, namun DHCP ini adalah sebuah protokol yang berbasis arsitektur server dengan tujuan mempermudah pengalokasian ip address pada suatu jaringan. DHCP singkatan dari Dynamic Host Configuration Protocol yang biasa ditemukan pada firmware router broadband. Sebagian besar sistem operasi klien jaringan bisa pada semua jenis Windows seperti Windows NT Workstation, Windows 2000 Professional, Windows XP, Windows Vista atau open source berbasis GNU/Linux.

Pengertian DHCP

Perlu diketahui, DHCP merupakan sebuah layanan yang bersifat berdiri sendiri dan terpisah dari layanan yang lainnya seperti dengan DNS (Domain Name System) dan layanan lain yang sejenis. DHCP berfungsi hanya memberikan alamat IP secara otomatis dan dinamis tanpa ada hubungannya dengan DNS. Namun salah satu kelebihannya adalah layanan DHCP dapat berkomunikasi dengan layanan DNS.

Pada prosesnya, saat sebuah komputer terhubung dengan jaringan dimana jaringan tersebut menggunakan DHCP, maka DHCP tersebut akan memberikan informasi TCP/IP kepada komputer yang sedang digunakan. Informasi yang diberikan diantaranya adalah alamat IP, subnet mask, default gateway, primary DNS server dan secondary DNS server. Nah, dari semua itu, hanya alamat IP yang bersifat sangat dinamis yaitu bersifat unik bagi tiap perangkat yang terhubung sedangkan yang lainnya bersifat statis.

Ada beberapa proses ketika sebuah komputer terhubung dengan jaringan yang menggunakan layanan DHCP, maka komputer secara otomatis akan menghubungi semua perangkat yang terdapat di LAN (Local Area Network) untuk meminta alamat IP (IP address request) pada komputer. Rangkaian proses ini dinamakan dengan DHCP Discover. DHCP server dalam jaringan yang sedang berlangsung akan mendengar permintaan alamat IP dan akan mengirimkan sebuah IP address offer yang berisi sebuah alamat IP beserta semua informasi yang dihasilkannya.
Setelah komputer menerima IP address offer, komputer akan mengirimkan sebuah permintaan yang dinamakan DHCP request yang menerangkan bahwa komputer telah siap untuk menerima sebuah alamat IP address. Setelah itu, DHCP akan menyetujui ip address tersebut sehingga bisa digunakan dengan lancar.

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part