Pengertian Defragment dan Cara Melakukannya

Defragment hardisk merupakan cara yang amat baik untuk menjaga performa komputer Anda. Meski terdengar seperti sesuatu yang keras, defragment sesungguhnya merupakan suatu proses yang sederhana dan membantu. Hardisk yang telah di-defrag akan jadi lebih sehat.

Pengertian Defragment dan Cara Melakukannya

Menambahkan atau menghapus file-file dari hardisk Anda merupakan suatu proses yang sangat biasa dilakukan setiap hari. Akan tetapi, tindakan tersebut tidak selalu dilakukan secara efisien. Sebagai contoh, ketika Anda menghapus beberapa data berukuran kecil dan kemudian memasukkan sebuah file baru yang berukuran besar, file baru ini kemungkinan akan dipecah menjadi beberapa bagian agar dapat disimpan di ruang-ruang yang ditinggalkan oleh file-file kecil tadi.

Komputer akan tetap mengenali file ini secara utuh, hanya saja drive komputer bakal harus memindai beberapa lokasi agar dapat membaca file ini. Waktu pencarian hardisk merupakan salah satu faktor penghambat paling signifikan terhadap performa komputer, sehingga pemecahan file ke dalam beberapa bagian akan berdampak kepada kecepatan komputer Anda. Lebih lanjut, jika file yang dipecah alias fragmented berjumlah cukup banyak, performa komputer Anda tentu akan semakin melambat. Anda mungkin akan mendengar suara-suara berisik dari dalam komputer Anda, yang disebabkan karena hardisk bekerja keras membaca data dari banyak lokasi.

Komputer Anda tidak menyukai file yang fragmented. Sehingga, melakukan defragment secara berkala, atau ketika Anda merasa performa komputer Anda sudah menurun dan Anda mendengar suara bising dari dalam komputer Anda, merupakan tindakan yang bijaksana. Jika Anda menggunakan komputer dalam basis harian, maka idealnya defragment dilakukan setiap sebulan sekali. Defragment adalah proses penyusunan ulang struktur data hardisk sehingga data yang disimpan terpecah-pecah akan disatukan kembali jika memungkinkan.

Bila Anda pengguna Windows, Anda bisa menggunakan program defragment yang telah dibuat built-in di dalam sistem operasi tersebut. Anda juga bisa menggunakan program utilitas komersial seperti Norton Utilities untuk melakukan defragment secara lebih efisien dan dengan lebih banyak opsi.

Artikel berhubungan:  Cara Menangani Program Hang Windows 7

Defragment akan memakan waktu cukup lama, tergantung dari tingkat fragmentasi disk yang ditangani. Apabila komputer Anda memiliki fitur energy-saving, seperti screen saver, maka Anda perlu mematikan fitur tersebut sementara waktu. Fitur-fitur energy saving terkadang dapat menyebabkan proses defragment berhenti, sehingga Anda harus mengulang dari awal lagi kemudian. Karena prosesnya cukup lama, orang sering kali melakukan defragment di malam hari dan ditinggal tidur.

Berikut ini langkah-langkah melakukan defragment pada komputer Windows dengan menggunakan program yang telah disertakan secara built-in.

1. Buka my Computer, lalu klik kanan di salah satu drive yang ada, pilih Properties

2. Pilih tab Tools, Klik tombol Defragment now

Pengertian Defragment dan Cara Melakukannya 1

3. Klik tombol Analyze Disk

Pengertian Defragment dan Cara Melakukannya 2

Langkah ini berfungsi untuk memerika kondisi fragmentasi disk serta menentukan apakah defragment perlu dilakukan. Sebuah drive yang memiliki tingkat fragmentasi lebih dari sepuluh persen tipikal memerlukan defragment. Jika Anda sudah menggunakan komputer Anda cukup lama tanpa pernah melakukan defragment, tingkat fragmentasi bisa melebih lima puluh persen.

4. Setelah analisa selesai, klik tombol Defragment Disk
Program akan segera menjalankan proses defragment, dengan keterangan proses muncul pada kolom Progress untuk setiap drive. Silahkan tunggu hingga proses defragment selesai. Anda sebaiknya tidak menggunakan komputer Anda untuk aktivitas lain selama proses defragment masih berlangsung, sebab hal tersebut dapat mengganggu struktur data disk.

5. Selesai
Setelah proses defragment selesai, kotak dialog Disk Defragmenter akan mengatakan bahwa drive Anda tidak lagi memerlukan defragment. Anda bisa menutup tampilan-tampilan yang ada dan menggunakan komputer Anda sekarang.

Semoga bermanfaat!