Seputar Tekno

Pengertian Cloudflare

Cloudflare merupakan layanan yang menggunakan teknologi CDN atau Content Delivery Network dan security web. Setiap webmaster dapat memperoleh Cloudflare secara gratis, tetapi meskipun gratis layanan yang diberikannya pun tetap maksimal. Cloudflare sendiri mempunyai paket Pro, Bussiness dan Enterprise.

Pengertian Cloudflare

Pengertian Cloudflare tidak lepas dari CDN yang berada di antara nama domain dan web hosting. Cloudflare memberikan keamanan tambahan untuk serangan DDOS, selain itu juga menjadi sumber cache statis yang membuat website dapat dimuat lebih cepat. Sesuai dengan sistem CDN sendiri yang terdistribusi server di berbagai macam data center internet dari banyak negara di dunia dengan tujuan untuk menyediakan konten yang kencang kepada pengguna.

Beberapa keuntungan yang di dapatkan jika Anda menggunakan Cloudflare adalah:
· Membuat cache situs supaya sumber daya untuk memuat situs lebih cepat sehingga mengurangi beban server
· Menyembunyikan IP address asli dari web hosting agar para hacker tidak bisa menyerang server
· Apabila situs down, Cloudflare akan terus melayani cached data hingga situs up kembali
· Anda dapat memblokir akses situs dari daerah atau negara tertentu
· Memberikan SSL cara gratis yang dapat digunakan pada shared host
· Memberikan perlindungan dari berbagai serangan DDOS dengan mengubah keamanan situs

Artikel menarik:  11 Aplikasi Android Pengusir Nyamuk

Cloudflare memiliki fitur-fitur menarik di antaranya adalah Rocket Leader yang secara otomatis akan mengoptimalkan halaman web dan memastikan script dari pihak ketiga tidak membuat loading halaman tersebut jadi lebih lambat, contohnya adalah script tracking seperti Google Analytic, histat, dan iklan.

Lantas bagaimana caranya mengaktifkan Cloudflare pada shared hosting atau VPS? Anda bisa kunjungi website cloudflare.com dan daftar disana secara gratis. Tambahkan domain Anda yang kemudian secara otomatis Cloudflare akan memeriksa nama server dan IP Address dari host yang Anda gunakan saat ini.

Pilihlah pengaturan keamanan dan cache yang di inginkan, lalu klik “next”. Setelah semua proses awal dilakukan, copy nama server yang dikasih oleh Cloudflare dan masukkan ke registrar domain Anda. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa Cloudflare merupakan layanan powerful dengan menyediakan tingkat keamanan yang baik dan gratis.