Pengertian Cloud Computing

Cloud computing yang juga sering disebut sebagai komputasi awan merupakan istilah yang cukup sering terdengar di telinga kita beberapa waktu belakangan. Bagi masyarakat awam, terminologi tersebut mungkin terasa sedikit aneh, bahwa term komputer digabungkan dengan kata awan. Padahal, pada kenyataannya banyak sekali dari kita yang sesungguhnya sudah memanfaatkan Cloud Computing dalam keseharian.

pengertian cloud computing

Cloud atau awan sebetulnya adalah sebuah metafora dari internet. Sehingga Cloud Computing atau Komputasi awan itu sama dengan komputasi internet. Nah, kalau sudah mendengar internet seharusnya Anda lebih nyambung, bukan?

Pengertian Cloud Computing
Secara harafiah, komputasi awan adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer dan pengembangan berbasis Internet. Menurut IEEE, Cloud computing adalah suatu paradigma di mana informasi secara permanen tersimpan di server di internet dan tersimpan secara sementara di komputer pengguna (client) termasuk di dalamnya adalah desktop, komputer tablet, notebook, komputer tembok, handheld, sensor-sensor, monitor dan lain-lain. Berikut gambaran arsitektur cloud computing :

komputasi awan

Pada umunya teknologi “awan” diterapkan pada SaaS (software as a service), yaitu model penyampaian aplikasi perangkat lunak oleh suatu vendor perangkat lunak yang mengembangkan aplikasi web yang diinangi dan dioperasikan (baik secara mandiri maupun melalui pihak ketiga) untuk digunakan oleh pelanggannya melalui Internet.

Artikel menarik:  Pengertian Brainware

Penggunaan Cloud Dasar
Salah satu layanan Cloud paling terkenal adalah Dropbox, dimana user dapat menyimpan file di server internet dan memanggilnya dari mana saja menggunakan perangkat apa saja. Pada dasarnya, seluruh layanan online storage merupakan applikasi cloud.

dropbox

Untuk applikasi mobile, Evernote yang biasanya secara default tersedia dalam OS Android merupakan applikasi berbasis cloud, dimana data (dokumen, gambar, dsb) disimpan di dalam server internet sehingga bisa diakses dari perangkat apa saja yang terhubung ke internet

Advanced Cloud Computing
Pada level perusahaan dan penggunaan tingkat lanjut, Cloud Computing juga mulai diapplikasikan pada berbagai macam applikasi dan software. Dengan model Cloud, effisiensi dapat dilakukan karena akan menghemat investasi awal sekaligus memudahkan manajerial pemograman.

Saat ini, teknologi Cloud berkembang pesat dan digunakan oleh banyak perusahaan yang pada kenyatannya tak lagi bisa menghindar dari teknologi komputasi yang memudahkan.