Pengertian Cache Komputer

Secara dasar, Cache adalah sebuah blok pada RAM yang digunakan untuk menyimpan data sementara yang akan digunakan kembali. Teknologi Cache digunakan pada CPU (PC), seperti halnya browser. Pada CPU, ada beberapa sistem cache yang digunakan untuk mempercepat kinerja. Perlu diketahui bahwa membaca memori dari Cache akan jauh lebih cepat dibandingkan dari RAM.

Pengertian Cache Komputer

Dalam terminologi internet, cache digunakan pada browser. Hampir seluruh browser memiliki cache browser, sebut saja Mozilla Firefox, Google Chrome, Internet Explorer, Opera dan lain sebagainya.

Cara Kerja Cache Browser
Cache menyimpan salinan dari website yang diakses seperti halaman dan gambar. Ketika website yang sama diakses kembali, maka salinan tersebut akan muncul di layar. Sistem cache memungkinkan komputer tidak terhubung ke server website asli secara keseluruhan.

Artikel berhubungan:  Ini Teknologi Google yang Akan Mengubah Dunia!

Keuntungan cache adalah akses yang lebih cepat daripada biasanya. Selain itu, cache juga menghemat lalu lintas data (bandwith) secara efektif. Untuk melihat cara kerja cache secara gampang, Anda dapat membedakan waktu loading sebuah website yang sudah sering dikunjungi dan website yang baru pertama kali dikunjungi.

Cache memakan memori pada hardisk komputer. Secara periodik, cache browser harus dibersihkan dari komputer Anda. Pada Mozilla, cara menghapus cache adalah dengan menekan Shift+Ctrl+Del secara bersamaan.